Pemko Telah Latih 1.000 Imam Masjid

Walikota Batam Muhammad Rudi Menyampaikan pengarahan ke imam mesjid.

Media Center Batam –  Pemerintah Kota Batam kembali menggelar pelatihan bagi imam masjid. Pelatihan Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kota Batam tahun 2019 dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Batam, Selasa-Rabu (19-20/3).

“Pesertanya sebanyak 100 orang imam masjid dari 12 kecamatan yang ada di Kota Batam,” kata Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung.

Menurutnya ini adalah angkatan ke-10 pelatihan bagi imam masjid di Batam. Setiap angkatan dilaksanakan untuk 100 peserta. Artinya sudah 1.000 imam masjid yang mengikuti pelatihan serupa.

“Jumlah imam masjid yang terverifikasi sebanyak 1.050 orang. Insya Allah di angkatan ke-11 nanti selesai semua mendapat pelatihan,” tuturnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada pelatihan kali ini adalah Imam Masjid Istiqlal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, dan perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam.

Ketua IPIM Batam, Ridho Amir menambahkan pada pelatihan kali ini ada yang spesial dibanding sebelum-sebelumnya. Karena peserta juga akan diberi motivasi untuk pengembangan ekonomi syariah. Narasumber yang akan berikan masukan adalah wakil BNI Syariah.

“Saya ingin menggugah kita semuanya. Bagaimana mengembangkan ekonomi syariah. Kita punya BMT (Baitul Maal wat Tamwil), toko IPIM, yang sekarang masih jalan di tempat bahkan nyaris tutup karena kesadaran kita masih kurang. Padahal kalau 1.000 imam masjid belanja di toko IPIM, bisa berkembang. Kita ingin syiarnya yang penting,” tutur Ridho.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agaman Kota Batam, Zulkarnain Umar mengakui bahwa pelatihan seperti ini sebenarnya menjadi tugas Kemenag. Namun karena jumlahnya yang cukup banyak, Kemenag tak mampu melaksanakan. Ia berterima kasih karena Pemko Batam membuat pelatihan bagi imam-imam masjid ini.

“Alhamdulillah dilaksanakan oleh Pemko Batam. Tak hanya pelatihan, insentif juga dapat. Bahkan insentif di Batam ini paling besar se-Kepri,” ujarnya.

Zulkarnain mengatakan imam masjid menjadi garda terdepan untuk mendatangkan jemaah. Karena biasanya orang tertarik untuk shalat berjamaah di masjid setelah mendengar bacaan imam.

“Faktor utama org semangat datang ke masjid itu adalah imam, suara imamnya enak. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. Apalagi mendatangkan narasumber dari Jakarta. Timba ilmu, tanya, belajar. Biar bisa kita terapkan di masyarakat kita,” pesannya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi berpesan kepada para imam untuk menjadi contoh bagi masyarakat. Termasuk dalam menjaga silaturahmi di tengah isu pemilu saat ini. Jangan sampai masyarakat terbelah selain juga untuk menjaga keamanan Batam.

“Ustadz dan Imam harus jadi contoh. Kita butuh keamanan di Kota Batam,” kata Rudi.

Ia juga mengajak para imam untuk mulai berusaha. Jangan takut gagal. Kegagalan jadikan pengalaman untuk mencoba lagi. “Jangan putus asa,” tegasnya.

Mungkin Anda juga menyukai