Bulan Panutan untuk Tingkatkan Kepatuhan Bayar Pajak

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah

Media Center Batam – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Batam berupaya meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak melalui berbagai kemudahan yang diberikan. Satu di antaranya adalah dengan berkeliling ke kecamatan-kecamatan dalam kegiatan Bulan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019.

“Tingkat kepatuhan biasanya 65-67 persen. Pada 2018, angkanya mencapai 70 persen. Kami berharap tingkat kepatuhan masyarakat membayar pajak tahun ini bisa mencapai di atas 75 persen,” kata Kepala BPPRD Batam, Raja Azmansyah di Kantor Walikota Batam, Selasa (12/3).

BPPRD akan keliling ke kecamatan-kecamatan untuk memungut PBB-P2 dari wajib pajak dengan menggandeng bank-bank yang bekerja sama. Yakni BRI, BTN, Bank Riau Kepri, dan Bank BJB.

Dimulai Sabtu (16/3), tim akan turun di Mall Botania 2 Kecamatan Batam Kota. Keesokan harinya, Minggu (17/3), tim turun ke Pasar Penuin Kecamatan Lubukbaja.

Pekan kedua, dilanjutkan ke Lapangan Sepak Bola Seipancur Kecamatan Seibeduk pada Sabtu (23/3) dan SP Plaza Kecamatan Sagulung pada Minggu (24/3). Selanjutnya di Fanindo depan BTN Kecamatan Batuaji pada Sabtu (30/3) dan Tiban Centre Kuliner Kecamatan Sekupang pada Minggu (31/3) pekan ketiga.

Lokasi berikutnya adalah Harbour Bay Mall Kecamatan Batuampar pada Sabtu (6/4) dan Pertokoan Bengkong City Centre Kecamatan Bengkong pada Minggu (7/4). Pekan selanjutnya di Kabil Kecamatan Nongsa pada Sabtu (13/4) dan Lapangan Indra Sakti Kecamatan Belakangpadang pada Minggu (14/4). Serta pekan terakhir di Pulau Buluh Kecamatan Bulang pada (27/4) dan Kantor Camat Galang pada Minggu (28/4).

Selain menjemput bola dengan Bulan Panutan PBB-P2, kemudahan pembayaran pajak daerah ini juga diberikan melalui kerja sama Bank BJB dengan Indomaret. Mulai tahun ini wajib pajak bisa membayar PBB-P2 di gerai Indomaret mana saja. Batam menjadi kota ke-13 yang dapat menjalankan layanan ini.

“Bank Riau Kepri juga sedang merencanakan kerja sama dengan pihak ketiga, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak, tak hanya PBB tapi juga pajak lainnya. Mungkin ke depan juga bisa dengan Go-Pay. Tentu ini akan lebih memudahkan,” tuturnya.

Azman menyambut baik dan memberi respon positif terhadap inovasi layanan yang disediakan perbankan tersebut. Hal ini akan mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajaknya. Sehingga target pajak bisa tercapai dalam waktu secepatnya.

Menurutnya PBB-P2 ini adalah pajak daerah dengan target nomor tiga terbesar setelah Pajak BPHTB dan Pajak Penerangan Jalan Umum. Tahun 2018 PBB-P2 ditargetkan sebesar Rp 158 miliar, dan terealisasi 97,69 persen atau Rp 154,9 miliar.

“Tahun 2019 ini target kembali ditingkatkan menjadi Rp 165 miliar,” sebutnya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi berharap masyarakat Kota Batam segera menunaikan kewajibannya membayar PBB-P2. Karena pajak daerah ini dibutuhkan untuk pembangunan Kota Batam.

“Dengan kegiatan Bulan Panutan, dan berbagai kemudahan pembayaran, mudah-mudahan bisa tercapai 100 persen. Saya titip ke masyarakat. Uang ini akan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan fisik dan sebagainya. Maka kita sangat butuh, salah satunya PBB untuk pembangunan Batam ini,” pesan Rudi.

Mungkin Anda juga menyukai