1.600 Jong Siap Bertanding di Lomba Jong Batam 2019

LOMBA JONG KOTA BATAM

Media Center Batam – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam kembali menggelar Lomba Jong Batam Tahun 2019. Lomba olahraga rekreasi dan tradisional ini digelar di Tanjung Mak Dara Kampung Melayu, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Rabu-Jumat (13-15/3).

“Pembukaan Lomba Jong akan dilaksanakan pada Rabu, 13 Maret, pukul 08.30 WIB,” kata Kepala Dispora Batam, Hendriana Gustini, Senin (11/3).

Lomba tahun ini akan diikuti 800 pemain dengan jumlah jong lebih kurang 1.600 unit. Peserta berasal dari Kota Batam, kabupaten/kota di sekitar Batam, dan negara tetangga Singapura.

Perlombaan dibagi menjadi empat kategori. Yakni kelas Jong Kecil dengan ukuran 1-1,29 meter, Jong Sedang berukuran 1,3-1,59 meter, dan Jong Besar 1,6-1,9 meter, serta kelas Jong Anak-anak.

“Hadiah yang disiapkan tahun ini sebesar total Rp 61 juta,” ujarnya.

Selain itu, peserta juga akan memperebutkan Piala Bergilir Walikota Batam Muhammad Rudi. Pada perlombaan tahun lalu, piala dibawa pulang oleh Persatuan Jong Teluk Dalam dari Pulau Buru, Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan Lomba Jong ini akan dikembangkan menjadi atraksi wisata. Karena permainan rakyat ini cukup menarik untuk dijadikan destinasi wisata apabila dikemas dengan baik.

“Wisatawan mancanegara suka dengan permainan tradisional seperti ini. Bisa kita kemas dan jadikan destinasi wisata. Mungkin bukan hanya perlombaannya tapi juga bisa kita jual cara pembuatannya, cara bermainnya. Jadi wisatawan tak cuma datang dan menonton,” kata Ardi.

Mungkin Anda juga menyukai