580 Calon Jemaah Haji Batam Berangkat Tahun Ini

Media Center Batam – Sebanyak 580 calon jemaah haji Batam akan diberangkatkan di musim haji 2019, Juli mendatang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Erizal Abdullah mengatakan jumlah ini masih sama dengan kuota tahun lalu.

“Alhamdulillah kuota kita masih sama. Tidak ada bertambah karena kebijakan dari Arab Saudi juga tidak bertambah,” ujarnya, Kamis (3/1).

Sementara untuk daftar tunggu, sambung Erizal, sudah mencapai 7.000 lebih. Menurutnya calon jemaah haji yang mendaftar tahun ini, akan berangkat pada 2035 mendatang.

Erizal mengatakan sampai sekarang jumlah pendaftar masih banyak. Setiap hari ada 10-15 orang yang mendaftar haji.

“Sekarang pendaftarnya relatif usia muda. Karena pengaruh dari waktu tunggu yang mencapai 15 tahun itu tadi,” kata dia.

Berdasarkan aturan, umat muslim yang berusia 12 tahun saat ini sudah bisa ikut masuk daftar tunggu haji.

Ia memaparkan, bagi calon jemaah haji yang ingin mendaftar cukup membawa data diri. Dan menyiapkan uang deposit sebesar Rp 25 juta.

“Sisanya nanti dicicil saat akan berangkat ibadah haji sesuai dengan besar ongkos haji yang ditentukan,” sebutnya.

Terkait besar ongkos haji 2019, Kemenag sampai saat ini masih menunggu keputusan pusat. Ia mengatakan usulan ongkos naik haji paling lambat diputuskan tiga bulan sebelum keberangkatan haji dimulai.

Besar ongkos haji tergantung dari nilai tukar Rupiah terhadap Dolar. Sebab banyak dari akomodasi perjalanan seperti tiket pesawat menggunakan Dolar.

Batam menurutnya, termasuk embarkasi dengan biaya yang murah bila dibandingkan daerah lain. Tahun lalu jamaah membayar Rp 34 juta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *