Masjid Agung Akan Miliki Menara Pandang 100 Meter

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar

Media Center Batam – Masjid Agung Batam Centre akan memiliki satu menara pandang setinggi 100 meter. Menara pandang nantinya bisa dipakai masyarakat dan wisatawan untuk melihat pemandangan Kota Batam dari ketinggian.

Pembangunan menara baru tersebut menjadi bagian dalam rancangan revitalisasi masjid yang dulu dikenal dengan Masjid Raya Batam ini.

“Tahun ini kita akan mulai revitalisasi Masjid Agung. Desain sudah final, sekarang masuk tahap persiapan lelang,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), Suhar di Batam Centre, Rabu (2/1).

Revitalisasi masjid rencananya dilakukan secara bertahap sampai 2021. Total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 172 miliar. Tahun ini anggaran yang disiapkan Rp 17,2 miliar.

“Kalau bisa, kami berusaha selesai pada 2020 mendatang, tergantung
kesiapan anggaran juga,” kata dia.

Suhar memaparkan, pada desain revitalisasi ini akan ada penambahan empat menara baru. Tiga di antaranya dibangun setinggi 65 meter, sama dengan menara yang sudah ada saat ini.

Tak hanya menara, perombakan juga akan menyentuh bagian depan masjid. Pada sisi timur masjid tersebut akan dibangun basement atau ruang bawah yang dapat dimanfaatkan untuk tempat parkir. Sarana wudu juga akan terletak di bagian bawah masjid tersebut.

“Bekas tempat wudu yang lama, di samping bangunan utama masjid akan dibangun bangunan tambahan. Kiri dan kanan akan ditambah bangunan, tanpa mengubah bangunan utama,” kata Suhar.

Pada bagian atas yang sekarang berundak, akan dibuat menjadi datar, dikelilingi koridor, serta berlantai marmer. Ruang terbuka ini bersifat multifungsi, bisa dipakai untuk salat maupun kegiatan lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai