Wako: Isi Hari Jadi dengan Karya dan Prestasi

Walikota Batam, Muhammad Rudi 

Media Center Batam – Hari Jadi Kota Batam harus dijadikan inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap perjuangan dengan karya dan prestasi. Hal ini disampaikan Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Batam ke-189 di Kantor DPRD Kota Batam, Selasa (18/12).

“Sebagai masyarakat Kota Batam kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran kota kita ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi. Untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi masa depan  yang lebih baik. Sifat lasak dalam berusaha, tekun dalam bekerja keras, cerdas dalam mencari peluang hidup merupakan salah satu sifat orang melayu yang harus kita budayakan,” kata Rudi.

Peringatan hari jadi Kota Batam tahun ini harus pula dinilai sebagai momentum perubahan tatanan sosial ke arah yang lebih maju, sejahtera, dan berkeadilan. Karena mengingat dampaknya bukan hanya untuk warga Kota Batam sendiri, tetapi juga bagi penduduk daerah sekitar sesuai perannya sebagai pusat pertumbuhan regional dan lokomotif perekonomian nasional.

“Memperingati hari ulang tahun, secara filosofis berupaya  mereview masa lalu sebagai referensi menapaki masa kini dan masa depan, dan setiap etape perjalanan akan selalu  bermakna memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan. Itu pula sebabnya peringatan hari jadi bukan sekedar untuk menghitung usia fisik kota, tetapi juga sarana untuk menakar prestasi dan memacu semangat berkarya melalui komitmen menguatkan sinergi aparatur pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan maupun anggota  dewan yang terhormat, FKPD, tokoh masyarakat, alim ulama, dan cendekiawan serta seluruh elemen  masyarakat yang telah mendorong terbangunnya situasi kondusif dan terciptanya suasana yang aman, tentram, damai dan demokratis. Sehingga pemerintah dapat melaksanakan pembangunan   daerah kita dengan sebaik-baiknya. Karena merupakan modal utama untuk mewujudkan visi Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang berdaya saing, maju, sejahtera, dan bermartabat.

Dalam kurun waktu dua tahun kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad pada 2016-2018, Pemerintah Kota Batam telah menerima sebanyak 49 penghargaan dari berbagai lembaga publik. Beberapa penghargaan terakhir yang diterima antara lain penghargaan Walikota Entrepreneur Award 2018 kategori kesehatan dan kemiskinan dari Innovation Network of Asia dan Apeksi. Kemudian penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kepada Pemerintah Kota Batam sebagai instansi dengan penerapan LHKPN terbaik 2018, terbaik 2 kota se-Indonesia. Selanjutnya penghargaan kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI tahun 2018, dan Penganugerahan Kota Peduli HAM tahun 2018.

“Berbagai pencapaian penghargaan ini tentu saja merupakan buah kerja keras dan keberhasilan seluruh elemen Kota Batam. Karenanya pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada segenap warga Kota Batam. Tanpa peran aktif warga, tidak mungkin kota yang kita cintai ini dapat menjadi seperti sekarang. Secara khusus saya juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Batam, anggota Forkopimda, dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kota Batam atas sumbangsih nyatanya bagi pembangunan kota kita ini,” tutur Rudi.

 

Ia juga mengajak kepada seluruh warga untuk menghormati jasa-jasa para pendiri Kota Batam, para pejuang kemerdekaan, dan para pemimpin terdahulu yang telah mengantarkan kita pada kehidupan saat ini. Semoga karya nyata dan sumbangsihnya menjadi tanda mata bagi generasi sekarang dan anak cucu di kemudian hari.

Mungkin Anda juga menyukai