Puskesmas Kampung Jabi Disiapkan Jadi RS Tipe D

Media Center Batam – Dinas Kesehatan Kota Batam berencana meningkatkan status Puskesmas Kampung Jabi menjadi Rumah Sakit Tipe D. Kepala Dinas Kesehatan, Didi Kusmarjadi mengatakan peningkatan status ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

“Minimal satu dalam lima tahun ini,” kata Didi di Sekupang, Kamis (15/11).

Puskesmas Kampung Jabi dipilih karena pemerintah menilai kawasan Nongsa masih butuh rumah sakit. Selain itu kondisi Puskesmas tergolong baru serta memiliki lahan untuk perluasan.

“Di situ perlu Rumah Sakit. Kita tinggal menambah poli dan sebagainya,” ujarnya.

Menurutnya untuk membangun Rumah Sakit ini dibutuhkan dana sampai Rp 50 miliar. Dengan detailed engineering design (DED) lebih dari Rp 1 miliar.

Dinas Kesehatan berencana membangun RS tipe D ini dengan anggaran Rp 25 miliar. DED senilai Rp 600-700 juta sudah masuk dalam usulan anggaran tahun depan. Sedangkan untuk pembangunan nantinya bisa berasal dari dana pusat maupun daerah.

“Sumber dana bisa dari DAK (dana alokasi khusus), provinsi, ataupun APBD,” kata mantan Direktur RSUP Kepri di Tanjunguban.

Didi mengatakan pemerintah membangun RS tipe D salah satunya untuk menarik pasien rujukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Karena saat ini banyak pasien BPJS yang dirujuk ke RS tipe C yang cukup lengkap fasilitas medisnya. Sehingga RSUD Embung Fatimah yang masuk tipe B mulai kekurangan pasien rujukan.

Mungkin Anda juga menyukai