Tingkatkan Koordinasi Antar Daerah, Kadis Perdagangan Buat Grup WA

Menteri perdagangan enggartiasto lukita di pasar pujabahari

Media Center Batam – Menteri Perdagangan meminta Kepala Dinas Perdagangan seluruh daerah di Indonesia membentuk grup percakapan dalam jaringan. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok menjelang Natal dan Tahun Baru di Nagoya Hill Hotel Batam, Minggu (11/11).

“Kemarin disampaikan secara spontan. Pak Menteri minta kepala dinas buat grup Whatsapp. Tujuannya untuk koordinasi,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Zarefriadi di Batam, Selasa (13/11).

Selain itu melalui grup Whatsapp ini kepala dinas juga bisa saling mengabarkan kondisi pangan di daerah masing-masing. Misal ada satu daerah yang surplus produksi dan ada daerah yang membutuhkan bahan pangan, bisa saling bekerjasama.

Sementara itu, dalam rapat Kepala Dinas Perdagangan juga menyampaikan rencana pembentukan paguyuban. Tujuannya adalah untuk menjalin komunikasi dan kerjasama antar daerah demi menekan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Perwakilan Kepala Dinas Perdagangan menjabarkan kepada Menteri, paguyuban diharapkan dapat meningkatkan kerjasama perdagangan antardaerah, membangun konektivitas logistik, menjaga stabilisasi harga, dan menjaga neraca perdagangan. Paguyuban juga untuk mendukung terciptanya kerja sama perdagangan berbasis elektronik yang mampu mendeteksi informasi tentang kondisi pasokan produk unggulan daerah.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita juga menyambut baik pembentukan paguyuban ini. Paguyuban, kata Menteri, bisa menjadi wadah komunikasi berbagai potensi yang dimiliki daerah, juga berbagai program Kementerian Pedagangan yang belum termanfaatkan.

Mungkin Anda juga menyukai