Simulasi Penanganan Gawat Darurat Medis Ramaikan Upacara HKN

Media Center Batam – Simulasi penanganan kegawatdaruratan medis diperagakan dalam rangkaian upacara Hari Kesehatan Nasional 2018 di Dataran Engku Putri, Senin (12/11). Bertindak selaku inspektur upacara, Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Pada kesempatan tersebut Rudi membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek. Dalam sambutannya, Menkes mengatakan peringatan HKN ke-54 ini momentum yang baik untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat akan terwujud bila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan. Terutama dengan memprioritaskan upaya promotif preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitasi.

“Berbagai program kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat direfleksikan melalui hasil pembangunan kesehatan, yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan,” kata Rudi.

Dalam kaitan peran pemerintahan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan finansial, telah dibayarkan iuran bagi penerima bantuan iuran yakni 87,8 juta jiwa pada tahun 2015 menjadi 92,3 juta jiwa. Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menerima layanan JKN dari 19.969 pada tahun 2015 menjadi 21.763 di tahun 2017. Untuk fasilitas tingkat kelanjutan juga mengalami peningkatan dari 1.847 faskes pada tahun 2015 menjadi 2.292 tahun 2017.

Lebih lanjut Rudi mengajak jajaran kesehatan mengobarkan semangat melayani dan semangat menangkap aspirasi dari masyarakat. Ia menyadari keberhasilan program kesehatan tidak terlepas peran serta masyarakat dan lintas sektor terkait. Oleh karena itu Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat.

“Dengan Germas kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan tema HKN ke-54 yakni Aku Cinta Sehat, dengan subtema Hidup Sehat Mulai Dari Kita. Adapun yang menjadi penanggungjawab peringatan HKN tahun ini adalah RS Awal Bros.

Berbagai kegiatan dilakukan seperti pertandingan antar stakeholder kesehatan di Kota Batam. Antara lain lomba tarian enam langkah cuci tangan, senam peregangan, pertandingan olahraga futsal, badminton, tenis meja, catur, dan sebagainya.

“Kalau tarian cuci tangan itu sudah pada tahu, anak SD juga sudah hapal itu karena ada nyanyiannya juga. Kemudian senam peregangan juga sudah jadi program Kementerian. Biasa dilakukan jam 10 dan jam 2 siang di perkantoran yang pegawainya lebih banyak duduk. Seperti di Puskesmas kita juga sudah berjalan ini. Dan saya berencana mau bawa ke Kantor Walikota juga. Supaya pegawai tetap bergerak,” papar Didi.

Mungkin Anda juga menyukai