Masyarakat Diajak Berpartisipasi Aktif di Hari Jadi Batam

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam mengajak seluruh masyarakat untuk ikut memeriahkan rangkaian Hari Jadi Batam (HJB) ke-189. Rangkaian perayaan ulang tahun Kota Batam ini sudah dimulai pekan lalu melalui Kenduri Seni Melayu, dan akan berakhir di malam pergantian tahun.

“Ini adalah Hari Jadi Kota Batam bukan Pemko Batam. Artinya hari jadinya seluruh masyarakat Batam. Karena itu kami berharap seluruh komponen masyarakat untuk bisa memaknai Hari Jadi Batam sebagai hari jadi kita bersama. Seluruhnya bisa berpartisipasi secara aktif,” kata Ketua Panitia HJB 189, Yusfa Hendri di Media Center Pemko Batam, Kamis (8/11).

Bentuk partisipasi yang bisa dilakukan antara lain dengan mengikuti berbagai lomba dalam rangka hari jadi Batam. Seperti lomba foto dan vlog yang terbuka untuk umum. Kemudian bagi pelajar SD dan SMP bisa ikuti lomba menulis surat untuk Walikota Batam bertajuk “Dear Pak Wali”.

Masyarakat juga bisa hadir menyaksikan jalannya upacara Hari Jadi Batam pada 18 Desember pagi di Dataran Engku Putri. Dan siang harinya dilanjutkan dengan pawai budaya yang menampilkan ribuan peserta dengan beragam pakaian adat serta atraksi kebudayaan nusantara.

“Pawai dimulai dari bundaran Tuah Madani dan finish di Dataran Engku Putri. Batam adalah multietnik, multikultural, berbagai macam golongan. Kita berharap semua bisa lakukan pawai untuk tunjukkan keanekaragaman Batam,” sebut mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam ini.

Pada malam harinya masyarakat juga bisa berkumpul di Dataran Engku Putri untuk menyaksikan penyerahan Anugerah Batam Madani. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang dianggap berkontribusi terhadap perkembangan Batam dalam berbagai bidang kehidupan. Tahun ini ada 20 tokoh yang akan menerima Anugerah Batam Madani.

“Banyak rangkaian kegiatan lainnya sempena Hari Jadi Batam ini. Seperti bazar remaja, donor darah, lomba skateboard, jalan santai hari guru, gotong royong, Batam Great Sale, pameran foto dan vlog peserta lomba, ziarah makam zuriat Nong Isa pada 14 Desember, sampai ke Kenduri Akhir Tahun. Karena Hari Jadi Batam diperingati di Bulan Desember, jadi rangkaiannya kita teruskan sampai ke pergantian tahun 31 Desember,” paparnya.

Pemko Batam juga sudah mengedarkan surat ke seluruh instansi, perkantoran, tempat usaha, sekolah, dan lainnya terkait HJB 189 ini. Isi surat edarannya yaitu meminta agar seluruh komponen masyarakat berpartisipasi meriahkan Hari Jadi Batam. Misalnya dengan menghias tempat usaha, kantor, sekolah, rumah sakit, dengan umbul-umbul.

“Kami imbau hiasi kantor, tempat usaha, sekolah, dan lain-lain dengan umbul-umbul selama 1-31 Desember. Untuk logo Hari Jadi Batam ke-189 bisa diunduh di website batam.go.id,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Setdako Batam itu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *