Seribu Gasing Berputar Di Jalan Engku Putri

MEDIA CENTER BATAM- Siswa SD dan SLTP se Kota Batam berkumpul di sepanjang Jalan Engku Putri, Jumat (2/11). Mereka bersiap untuk memutar gasing di sepanjang jalan depan Kantor Walikota. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Kenduri Seni Melayu (KSM) Ke-20 Tahun 2018. Sebelum seribu gasing diputar serentak, pemutaran gasing diawali penampilan grup gasing dari Kecamatan Belakang Padang.

Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, Pebrialin membuka acara pemutaran seribu gasing sore itu. Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh siswa SD dan SLTP yang ikut berpartisipasi mengikuti acara itu. Lomba gasing ini menurutnya belum pernah dilaksanakan pada event KSM sebelumnya.

โ€œMudah-mudahan pemutaran gasing ini tidak hanya seribu tapi bisa dalam rangka mempertahankan budaya melayu di Kota Batam. Kelihatannya mudah, tapi saya lima kali mencoba tidak berputar gasingnya,โ€ sebut Pebrialin.

Katanya, pemutaran gasing ini salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk melestarikan permainan tardisional melayu khususnya gasing. Bagaimana menjaga dan memelihara seni budaya tradisi melayu di Kota Batam sehingga tidak punah dan dilupakan. Event KSM selain menampilkan pemutaran seribu gasing juga menampilkan seni budaya dari berbagai negara serumpun.

โ€œMari sama-sama kita saksikan dan ramaikan KSM ini yang diselenggarakan hingga Sabtu (3/11) mendatang. Atas nama Walikota, saya mengucapkan terimakasih kepada anak-anak semua yang sudah berpartisipasi mendukung kegiatan ini. Rangkaian KSM ini bagian yang tak terpisahkan dari peringatan Hari Jadi Batam (HJB) ke-189 yang jatuh pada 18 Desember 2018,โ€ kata mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam ini.

Harapan Pemko Batam dengan terselenggaranya acara ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata mancanegara ke Kota Batam. Sehingga target kunjungan wisata 2 juta pada akhir tahun 2018 dapat tercapai. Event KSM dibuka oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi pada Kamis (3/11) malam di Dataran Engku Putri. Event ini menampilkan seni tari, puisi dan gasing. Peserta berasal dari negara serumpun diantaranya dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunai Darusalam, India, Thailand dan Jerman. Meramaikan malam pembukaan KSM, masyarakat dihibur oleh penampilan artis Ibukota, Iyeth Bustami.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai