Lomba Ketinting Meriahkan Sumpah Pemuda Patam Lestari

Media Center Batam – Sebanyak 36 tim mengikuti lomba Sampan Ketinting yang digelar di Patam Lestari, Minggu (28/10). Sesuai waktu pelaksanaannya, kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018.

“Perlombaan ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di RW 01 Patam Lestari. Selain itu juga ada pembagian bantuan sembako bagi warga RW 01. Dan kupon doorprize untuk warga dengan hadiah utama satu unit sepeda motor,” kata Ketua Panitia, Jailani.

Lomba sudah dilaksanakan sejak Sabtu untuk babak penyisihan. Dan pada hari puncak, dimulai dengan semi final hingga final.

“Lomba sampan ketinting ini adalah lomba mengemudikan sampan bermesin tempel, tanpa kemudi. Jadi butuh keterampilan joki untuk mengarahkan sampannnya,” kata Badri, wakil PT Danov Putra Riau selaku penyelenggara.

Menurutnya perlombaan sampan yang banyak digunakan nelayan Batam ini bisa menjadi daya tarik wisata. Pihaknya  juga berencana akan mengadakan lomba ketinting dengan skala lebih besar lagi. 

Ketua RW 01 Patam Lestari, Taufiq Aman berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin. Karena secara tak langsung menjadi ajang silaturahmi nelayan, tak cuma di Patam Lestari tapi juga daerah lain di Batam.

“Selain itu bisa mengundang wisatawan ke Patam Lestari. Mohon betul Pak Wali, lomba ketinting ini bisa dijadikan agenda rutin Pemko Batam,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut Taufiq juga menyampaikan permaslahan yang ada di Patam Lestarai yaitu jalan lingkungan yang sudah berlubang. Selain itu maslahahan iuran ahli waris di Tempat Pemakaman Umum Seitemiang yang dirasa sangat memberatkan sehingga minta untuk dibebaskan dari iuran.

“Selanjutnya kami mewakili masyarakat Patam Lestari mengucapkan terimakasih kepada Bapak Walikota dan Wakil Walikota karena telah membangun jembatan. Sangat membantu aktivitas warga Patam Lestari. Dulu kami nak ke kantor lurah harus mutar dulu lewat kelurahan lain sampai 20 menit. Sekarang 5 menit sampai,” kata Taufiq.

Selain itu impian masyarakat Kampung Patam Lestari juga terwujud dengan dibangunnya SMPN 57. Saat ini sedang pembangunan dan mudah-mudahan tahun depan sudah bisa digunakan. 

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mewakili Walikota mengatakan sampan ketinting ini menarik, sangat berpeluang jadi agenda pariwisata Batam.

“Beberapa kecamatan ada mengadakan, Tanjungriau,  Belakangpadang, Mongkol, Bulang ada juga. Jadi ini kalau digabung dan dikemas dengan baik maka akan jadi destinasi baru. Usulan ini kami akan bahas bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sehingga bisa masuk di kalender pariwisata Kota Batam. Nanti dibicarakan dulu Bapak Ibu, apakah dilaksanakan bergantian setiap kecamatan atau satu tahun di beberapa kecamatan tersebut masih kita bahas,” tutur Amsakar.

Mungkin Anda juga menyukai