UPT BKN dan Pemko Batam Siap Laksanakan CAT CPNS

Sekdako Batam Jefridin meninjau kesiapan tes cpns

Media Center Batam – Unit Pelaksana Teknis Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (UPT Kanreg XII BKN) pastikan siap untuk melaksanakan seleksi kompetensi dasar bagi calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Batam. Kepala UPT Kanreg XII BKN, Andri Febrian mengatakan Kamis (25/10) sore tim sedang memproses instalasi server database.

“Sudah dicek semua. Server sedang proses instalasi. Nanti setelah instalasi kita segel. Tiap hari paginya kita buka segel, malam tutup segel lagi. Besoknya seperti itu lagi sampai ujian selesai. Ini untuk transparansi,” kata Andri.

Ia menjelaskan sebagai bentuk antisipasi, database soal sudah ada di server lokal. Sehingga ujiannya tidak sepenuhnya dalam jaringan (online) ke pusat. Online-nya hanya sewaktu instalasi awal.

“Database sudah di server lokal. Insya Allah tidak ada kendala. Yang berbeda, data peserta di pusat semua, tidak diinstal di sini. Nanti tinggal mengunduh,” terangnya kepada Sekretaris Daerah Kota Batam.

Ujian SKD bagi CPNS dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Kantor UPT BKN ke-15 ini memiliki 55 set komputer. Namun untuk pelaksanaan ujian CAT, komputer yang digunakan hanya 50 unit. Sementara lima unit lainnya sebagai cadangan.

“Jumlah CPNS yang lulus seleksi administrasi di Pemko Batam ada 5.399 orang. Dalam sehari akan dilakukan lima sesi tes. Artinya sehari bisa 250 peserta. Butuh 22 hari untuk menyelesaikan seluruh peserta, termasuk Sabtu Minggu. Tes dimulai besok (Jumat), sampai 17 November,” papar Sekdako Batam, Jefridin.

Pemerintah Kota Batam juga sudah mempersiapkan beberapa hal untuk SKD CPNS ini. Tak hanya melibatkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, tapi juga organisasi perangkat daerah lain.

“Satpol PP kita siapkan untuk membantu kelancaran proses ujian. Mulai dari lantai I untuk seleksi peserta yang boleh naik. Jadi nanti dilihat pesertanya di sesi berapa. Kalau bukan di sesinya, tidak boleh naik ke lantai V sini,” ujarnya.

Selain itu Pemko Batam juga siapkan dua unit ambulans lengkap dengan paramedis. Guna mengantisipasi bila ada peserta ujian yang jatuh sakit. Kemudian tim Dinas Pemadam Kebakaran juga hadir untuk antisipasi kejadian yang tak diinginkan. Fasilitas gedung seperti toilet dan sebagainya juga sudah dipersiapkan Bagian Umum Setdako Batam. UPT BKN juga menyiapkan loker untuk peserta menyimpan barangnya selama ujian berlangsung.

“Termasuk listrik, kami sudah surati PLN supaya jangan ada pemadaman,” kata mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah ini.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, Informasi, dan Fasilitasi BKPSDM Batam, Ratnawati mengatakan peserta wajib hadir satu jam sebelum ujian berlangsung sesuai sesi yang telah diumumkan sebelumnya.

“Jangan lupa membawa KTP, kartu pendaftaran CPNS, dan kartu ujian. Pakaian baju putih, laki-laki celana hitam, perempuan rok hitam panjang,” sebut Ratna.

Mungkin Anda juga menyukai