Wisatawan Tiongkok ke Kepri Naik 85 Persen

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar

Media Center Batam – Jumlah wisatawan Tiongkok ke Provinsi Kepulauan Riau periode Januari-Agustus 2018 meningkat 85,41 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik yang dirangkum Dinas Pariwisata Kepri, jumlah wisatawan Tiongkok periode Januari-Agustus 2018 sebanyak 178.956 kunjungan. Sedangkan periode yang sama di tahun 2017, jumlah wisatawan Tiongkok ke Kepri tercatat 96.520 kunjungan.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengatakan kenaikan ini disebabkan penerbangan langsung (direct flight) dari Tiongkok ke Kepri. Namun penerbangan ini masih bersifat sewa, bukan komersial reguler.

“Salah satunya karena adanya direct flight. Terus wisman (wisatawan mancanegara) Tiongkok saat ini datang dari Singapura ke Kepri setiap minggu dalam rombongan 100-200 orang,” kata Buralimar, Kamis (11/10).

Wisatawan Tiongkok ini datang dalam kelompok dengan pola kunjungan dua hari di Singapura dan dua hari di Kepri. Daerah yang dikunjungi di Kepri utamanya adalah Tanjungpinang dan Lagoi Bintan.

“Mereka berasal dari 12 kota daratan di Tiongkok. Daerahnya enggak punya laut. Tentunya senang datang ke wilayah pantai dan laut seperti di Kepri,” tuturnya.

Kunjungan wisatawan Tiongkok ini memberi andil 10,76 persen dari total kunjungan wisman ke Kepri periode Januari-Agustus 2018. Wisatawan asal Tiongkok berada di posisi tiga, setelah warga negara Singapura dan Malaysia.

Adapun jumlah wisman ke Kepri periode tersebut adalah 1.662.476 kunjungan. Atau tumbuh 22,13 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, 1.361.223 kunjungan.

Mungkin Anda juga menyukai