140 Pohon Khaya Akan Rimbunkan Dataran Madani

Media Center Batam – Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan (Perakimtan) Batam akan menghijaukan Dataran Madani dengan seratusan Pohon Khaya (Khaya senegalensis). Kepala Disperakimtan, Eryudhi Apriadi mengatakan ada sekitar 140 pohon yang akan ditanam di dataran baru di Jalan Raja H Fisabilillah tersebut.

“Yang sudah ditanam sekarang 77 pohon. Untuk rimbun itu butuh sekitar 2,5 tahun. Nanti setelah rimbun, orang enak jalan di bawahnya,” kata Eryudhi, Kamis (11/10).

Selain di Dataran Madani, Pohon Khaya ini juga akan ditanam di pedestrian baru, sepanjang jalan yang dilebarkan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam. Penanaman Pohon Khaya ini berdampingan dengan Ketapang Kencana (Terminalia mantaly).

“Program Sejuta Ketapang Kencana tetap kita lanjutkan. Jadi di samping Ketapang Kencana, kita tanam Pohon Khaya ini juga,” kata dia.

Menurutnya Ketapang Kencana sudah ditanam di beberapa titik pedestrian jalan baru. Seperti di depan Nagoya Hill hingga Graha Sulaiman Nagoya. Kemudian dari Planet Holiday sampai simpang tiga Graha Sulaiman juga telah ditanami Ketapang Kencana.

Ketapang Kencana merupakan tanaman dari family Combretaceae. Tanaman jenis dikotil ini bisa tumbuh hingga 10-20 meter. Ketapang Kencana juga dikenal dengan nama Umbrella Tree (pohon payung). Bentuknya seperti payung dengan lebar maksimal 10-15 meter.

Tanaman yang berasal dari Madagascar ini memiliki akar tunggang. Akar tidak merambat sehingga tidak akan merusak struktur jalan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *