Masyarakat Batam Deklarasi Anti Hoax

Masyarakat Batam dan Provinsi Kepulauan Riau umumnya menyatakan diri menolak berita bohong (hoax). Dan perkembangan politik jelang Pemilu 2019 mendorong masyarakat mendeklarasikan rasa persatuan melalui tagar #2019KitaTetapBersaudara.

Media Center Batam – Masyarakat Batam dan Provinsi Kepulauan Riau umumnya menyatakan diri menolak berita bohong (hoax). Dan perkembangan politik jelang Pemilu 2019 mendorong masyarakat mendeklarasikan rasa persatuan melalui tagar #2019KitaTetapBersaudara.

Deklarasi Anti Hoax dan #2019KitaTetapBersaudara ini disejalankan dengan kegiatan Sepeda Nusantara 2018 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Minggu (7/10). Adapun isi deklarasinya yaitu:

DEKLARASI ANTI HOAX

Kami menyadari bahwa saat ini berita dan informasi bohong atau hoax semakin sering disampaikan melalui media sosial. Oleh karena itu dengan kesadaran, keikhlasan dan keinginan luhur untuk berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kami mendeklarasikan diri untuk bersama-sama menolak dan melawan segala informasi dan berita hoax dengan menyatakan bahwa:

  1. Kami masyarakat Kepri menolak setiap orang yang dengan sengaja menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).
  2. Kami masyarakat Kepri akan bersatu padu, saling menghormati dan saling menguatkan untuk selalu menyuarakan kebenaran dan melawan berbagai bentuk fitnah, kebohongan atau hoax.
  3. Kami masyarakat Kepri mengajak seluruh elemen masyarakat tanpa membedakan gender, usia, agama, suku dan golongan untuk memanfaatkan media sosial secara positif dan produktif, cerdas dan mengedukasi masyarakat dengan menyampaikan berbagai informasi yang benar, tidak menjadi penyebar hoax.
  4. Kami masyarakat Kepri mengajak seluruh elemen masyarakat di Kepri untuk memerankan fungsi masing-masing secara baik mulai dari diri pribadi, keluarga dan lingkungan untuk menjaga situasi dan kondisi masyarakat tetap Kondusif, aman dan damai.
  5. Kami masyarakat Kepri menghimbau masyarakat lain agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu hoax dan kami mendukung terhadap penangkapan pelaku hoax dari kelompok yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara Deklarasi #2019KitaTetapBersaudara berbunyi:

DEKLARASI “2019 KITA TETAP BERSAUDARA”

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan berhasil mendapatkan kemerdekaan sendiri. “Kita harus membangun fondasi kultural yang kuat. Kita harus bersatu dan berdiri gagah untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks, yang semakin ekstrem, dan berubah dengan sangat cepat. Kita harus TETAP BERSAUDARA.

Dalam kesempatan ini, kami warga kota Batam berjanji, dengan nama Tuhan YME:

  1. Menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
  2. Menghormati dan menghargai perbedaan suku, agama, ras serta golongan yang sesuai perintahnya.
  3. Membela kebenaran, keadilan dan perdamaian.
  4. Gotong royong berperan aktif memakmurkan negeri
  5. Memuliakan keluarga sebagai fondasi utama menghasilkan generasi yang kuat.

Mari kita jaga bersama negeri tercinta ini agar selamat mencapai tujuan adil dan makmur seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa ini. Mari kita jaga bangsa ini agar tetap utuh bersatu dalam kebhinekaan dari Sabang sampai Merauke.

Mari kita junjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa yang telah dengan arif dan bijak dititipkan kepada kita dalam sila-sila yang tercantum pada Pancasila. Di tahun 2019 KITA TETAP BERSAUDARA.

Mungkin Anda juga menyukai