PT Tenaris Salurkan CSR Bantu Perbaiki Sekolah

Media Center Batam – PT Tenaris Batam memberikan bantuan perbaikan sekolah untuk SMK Negeri 6 Batam dan SMP Negeri 17 Batam. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Walikota Batam kepada masing-masing kepala sekolah. Penyerahan bantuan dilaksanakan di SMK Kartini Batam, Kamis (27/9).

Bantuan perbaikan infrastruktur sekolah ini merupakan bagian dari Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Tenaris Batam. Selain memberikan bantuan perbaikan infrastruktur sekolah, PT Tenaris juga memberikan beasiswa kepada 98 siswa sekolah dari berbagai tingkat di Kota Batam.

Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan terimakasih kepada PT Tenaris Indonesia yang menyisihkan CSR untuk dunia pendidikan Batam.

“Kalau usahanya ingin semakin maju, maka keuntungan yang diperoleh harus dibagi ke daerah tempat kita berusaha. CSR dari perusahaan akan dikelola dan akan saya pantau langsung penyalurannya. Penyalurannya tidak boleh keluar Batam,” sebut Rudi.

Pemerintah Kota Batam menurutnya juga memiliki program bantuan beasiswa setiap tahunnya bagi siswa SLTA yang masuk melalui jalur undangan di lima universitas ternama di Indonesia. Meski secara aturan kewenangan SLTA berada di Provinsi, namun Pemko Batam tetap mengalokasikan anggaran untuk program beasiswa tersebut.

“Anak-anak kita yang lulus seleksi tanpa tes di UI, ITB, UGM, IPB dan Unpad akan kita tanggung biaya kuliahnya sampai selesai,” ucapnya bangga.

Pemko Batam menurutnya kini tengah melakukan pembangunan infrastruktur jalan di Kota Batam. Apa yang dilakukannya semata untuk kemajuan Batam dan untuk generasi yang akan datang.

Pembangunan Batam saat ini sudah tidak sesuai dengan desain awal yang ditetapkan oleh BJ Habibie. Sebagai daerah industri, Rudi mengatakan masih banyak tenaga kerja Indonesia yang mengerjakan pekerjaan pada level bawah.

“Saya mencoba untuk mengembalikan apa yang menjadi cita-cita awal Pak Habibie dulu. Jika sekarang pekerjaan masih dilakukan oleh manusia, ke depan dilakukan oleh robot yang dioperasikan oleh tenaga kerja Indonesia. Lulusan tenaga kerja rata-rata SMA, ke depan tidak lagi,” ujarnya.

Country Manager Tenaris Batam, Andrea Previtali mengatakan CSR ini merupakan program tahunan PT Tenaris. Harapannya dapat mendukung pemerintah untuk menciptakan generasi yang handal dan berkualitas.

Bentuk CSR lain yang diberikan oleh PT Tenaris Indonesia adalah pembangunan jembatan gantung di daerah terpencil Indonesia. Sampai saat ini jembatan gantung yang sudah terbangun sebanyak 84 titik, di luar tiga jembatan gantung yang masih dalam proses pengerjaan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Walikota yang sudah berkenan hadir dalam acara Merit Awards PT Tenaris Batam hari ini. Sebagai perusahaan yang berada di Batam kami bertanggungjawab untuk kemajuan daerah dan ini menjadi tanggung jawab kami, salah satunya pendidikan,” ujarnya.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *