Jemaah Haji Kloter Terakhir Tiba di Tanah Air

Media Center Batam – Sebanyak 378 orang jemaah haji Kloter 27 BTH tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (25/9/18). Pesawat Saudia Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV5222 mendarat pukul 17.49 WIB.

Ketua Kloter 27 BTH, Erman Zaruddin mengatakan jumlah jemaah saat berangkat sebanyak 380 orang. Terdapat dua orang jemaah yang tanazul awal ke Kloter 08 BTH sehingga kembali berjumlah 378 orang.

“Alhamdulillah koordinasi dan kerjasama kami dengan Ketua Regu dan Ketua Rombongan dalam melayani jemaah berjalan baik. Sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Kloter 27 BTH merupakan Kloter terakhir Embarkasi/Debarkasi Haji Batam dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1439 H/2018 M. Kepala Bidang Penerimaan Jemaah PPIH Debarkasi Batam, Erizal Abdullah  mengingatkan jemaah untuk periksakan diri ke dokter apabila dalam beberapa hari ke depan alami demam.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas Kloter dan petugas PPIH Embarkasi/Debarkasi Haji Batam. Karena telah berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi tamu-tamu Allah di musim haji tahun ini.Sementara itu Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat kembali ke tanah air kepada para jemaah haji.

“Semoga memperoleh haji yang mabrur,” ujarnya.

Rudi juga meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Batam agar memprioritaskan jemaah haji apabila dalam waktu dekat ini ada yang berobat. Meski tanpa membawa kartu BPJS petugas kesehatan diminta tetap membantu dengan didukung data dari Kementerian Agama Kota Batam.

Dari total jumlah jamaah calon haji yang berangkat ke tanah suci sebanyak 11.852 kembali ke tanah air sebanyak 11.823. Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Debarkasi Haji Batam, rincian jemaah haji yang berangkat dan pulang dari tanah suci sebagai berikut:
Provinsi Riau : berangkat 5.039 orang, pulang 5.033 orang. Wafat di tanah suci enam orang dan wafat di tanah air (pasca haji) sebanyak dua orang.

Provinsi Kepulauan Riau : total berangkat 1.260 orang, pulang 1.257 orang. Wafat di tanah suci sebanyak dua orang, sakit dan tinggal di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) satu orang.

Provinsi Kalimantan Barat : total berangkat 2.521 orang, pulang 2.510 orang. Wafat di tanah suci sebanyak 10 orang, sakit dan tinggal di RSAS satu orang.

Provinsi Jambi : total berangkat 2.897 orang, pulang 2.888 orang. Wafat di tanah suci tujuh orang, sakit dan tinggal di RSAS satu orang.

Mungkin Anda juga menyukai