UPT BKN Resmi Beroperasi di Batam

Walikota Batam, Muhammad Rudi meninjau fasilitas CAT usai resmikan Kantor UPT BKN di Batam, Jumat (7/9). (foto: Humas Pemko Batam)

Media Center Batam – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) ke-15 resmi beroperasi di Batam, Jumat (7/9). Kantor UPT BKN ini berlokasi di Gedung Bersama Pemerintah Kota Batam, Batam Centre. Tepatnya di depan Kantor Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Batam, Graha Kepri.

Sekretaris utama BKN RI, Supranawa Yusuf mengatakan dibukanya kantor UPT BKN di Batam untuk memaksimalkan kinerja layanan kepegawaian di Provinsi Kepri.

“Dengan telah dibukanya kantor UPT BKN di Batam maka urusan kepegawaian tidak perlu lagi ke Pekanbaru atau Jakarta. Batam dipilih dari kabupaten/kota lain di Kepri karena penduduk Batam lebih banyak. Lebih dari 60 persen penduduk Kepri berada di Batam,” ujarnya.

Kantor UPT BKN ini menyediakan sarana pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi, dan seleksi ujian ikatan dinas melalui Computer Assisted Test (CAT BKN).

UPT BKN juga menyediakan fasilitas Assessment Center yang digunakan untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kompetensi ASN seperti Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi. Kantor UPT ini merupakan salah satu dari 15 UPT BKN yang telah didirikan sejak tahun 2016.

โ€œHarapan kita dengan adanya UPT ini dapat meningkatkan hubungan kelembagaan antara BKN dan Pemerintah Provinsi Kepri, juga akan membantu pemerintah dalam mengawal penyelenggaraan kepegawaian di daerah, khususnya dalam pembinaan teknis pengelolaan manajemen ASN di wilayah kerja Provinsi Kepri,โ€ katanya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi merasa berbangga hati karena BKN memilih Batam untuk membuka kantor UPT. Karena itu Pemko Batam pinjam-pakaikan ruangan yang terletak di Gedung Bersama tersebut.

“Harapannya, dengan adanya kantor UPT BKN di Batam, dapat meningkatkan kemampuan pegawai,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Kepri Isdianto mengatakan keberadaan kantor UPT BKN ini membawa dampak positif bagi Pemprov Kepri. Ketika ada urusan kepegawaian yang harus diselesaikan, tidak perlu jauh-jauh ke Pekanbaru atau Jakarta lagi.

Mungkin Anda juga menyukai