KPU Pastikan DPT Telah Diumumkan di Kelurahan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam memastikan kantor-kantor lurah telah memajang Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pengawasan atau monitoring dilakukan hingga ke kantor lurah di kecamatan pulau penyangga atau hinterland

Media Center Batam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam memastikan kantor-kantor lurah telah memajang Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pengawasan atau monitoring dilakukan hingga ke kantor lurah di kecamatan pulau penyangga atau hinterland.

“Kami monitoring untuk memastikan DPT telah diumumkan ke masyarakat. Dan hari ini saya monitoring ke Kecamatan Bulang,” kata Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan, Rabu (29/8).

Ia meminta panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk memastikan bahwa DPT sudah diumumkan di semua kelurahan atau tempat-tempat strategis yang mudah dilihat masyarakat. Salah satu tujuannya untuk memudahkan masyarakat tahu bahwa namanya sudah terdaftar sebagai pemilih. Sehingga mendorong pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang.

Monitoring dibagi dalam lima tim. Berlangsung mulai 28 Agustus sampai 2 September 2018 mendatang. Selain memastikan DPT sudah diumumkan ke masyarakat, monitoring ini juga bertujuan untuk menghimpun persoalan yang ada di lapangan. PPK maupun panitia pemungutan suara (PPS) diberi kesempatan untuk menyampaikan permasalahan yang dialami dalam melaksanakan proses tahapan pemilu.

“Seperti kesulitan koordinasi atau komunikasi antara PPK dan PPS, karena sinyal handphone kurang bagus. Sarana transportasi juga kurang memadai dan mahal di ongkos, terutama untuk bisa menjangkau kelurahan di pulau-pulau,” tutur Zaki.

Keluhan dari petugas di lapangan ini kemudian akan dibawa dalam rapat internal KPU. Sehingga nanti bisa dicarikan solusi untuk permasalahan tersebut.

Adapun jumlah pemilih di Kecamatan Bulang yang terdaftar dalam DPT sebanyak 7.615 orang yang tersebar di enam kelurahan dan 33 tempat pemungutan suara (TPS). Keenam kelurahan tersebut adalah Bulang Lintang, Pulau Buluh, Temoyong, Batu Legong, Pantai Gelam, dan Pulau Setokok.

Dibanding Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014, jumlah pemilih yang masuk DPT di Kecamatan Bulang cenderung menurun. Pada pileg 2014 jumlah pemilih mencapai 8.262 orang dan pada Pilpres mencapai 8.167 orang. Sementara pada Pilkada serentak 2015, jumlah pemilih di Bulang mencapai 7.564 orang.

Mungkin Anda juga menyukai