DLH Ajukan Penambahan 16 Dump Truck di 2019

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Herman Rozie

Media Center Batam – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam ajukan penambahan 16 armada pengangkut sampah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Kepala DLH Batam, Herman Rozie mengatakan penambahan armada ini untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan kebersihan bagi masyarakat.

“Tiap tahun kita ajukan, tapi tahun ini ditunda. Tahun depan kita ajukan lagi. Rencananya kita ajukan pengadaan dump truck, 16 unit,” kata Herman di Sekupang, Kamis (30/8).

Ia mengatakan dump truck ini dibutuhkan untuk mengangkut sampah dari tempat pembuangan sementara (TPS) ke tempat pembuangan akhir (TPA) Telagapunggur. Penambahan armada penting seiring pembangunan yang terus berjalan di Kota Batam.

Herman mengatakan sampah yang dihasilkan masyarakat Batam per harinya mencapai rata-rata 900 ton. Saat ini ada 120 armada yang beroperasi di sembilan kecamatan pulau utama (mainland). Beberapa armada sudah cukup lama dioperasionalkan sehingga butuh adanya peremajaan.

“Jadi sekarang kami mengoptimalkan yang ada saja dulu. Karena tahun ini tidak ada penambahan armada. Hanya menambah 20 bin container,” tuturnya.

Menurutnya kerja petugas kebersihan bisa lebih optimal bila sampah sudah dipilah mulai dari rumah. Sampah plastik dan bernilai ekonomis bisa dijual ke bank sampah. Selain menambah pemasukan rumah tangga, juga membantu kerja petugas DLH.

“Kalau sampah sudah dipilah, jadinya sampah yang ke TPA tidak terlalu banyak juga,” kata mantan Camat Lubukbaja ini.

Mungkin Anda juga menyukai