Dinas BMSDA Turunkan Alat Berat Benahi Drainase Korban Banjir

Media Center Batam – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam turunkan alat berat untuk perbaiki drainase di Tiban Koperasi blok E, Kamis (23/8) siang. Drainase di lingkungan perumahan ini rusak akibat banjir yang melanda kawasan tersebut beberapa waktu lalu.

“Alat sudah masuk Tiban Koperasi dari jam 11.30 tadi,” kata Kepala Dinas BMSDA Batam, Yumasnur usai meninjau lokasi bersama Wakil Walikota Batam.

Ia akui tidak mudah untuk menormalkan kondisi drainase yang rusak ini. Kendala pertama karena di atas drainase sudah berdiri beberapa bangunan. Sehingga membuat alat keruk ini sulit masuk ke badan parit.

Yumasnur mengatakan upaya pembenahan parit merupakan langkah awal untuk mengatasi banjir di lokasi tersebut. Sementara solusi jangka panjang yang sudah direncanakan Dinas BMSDA adalah membangun pintu air di kolam retensi. Sehingga air yang masuk ke parit rumah warga bisa diatur debitnya.

“Pembenahan drainase ini untuk jangka pendek saja. Ke depan kita buat pintu air di kolam retensinya. Tapi tidak dalam waktu dekat karena masalah anggaran juga,” tuturnya.

Pembuatan pintu air ini akan dimasukkan dalam rencana kerja Dinas BMSDA tahun 2019 mendatang. Ia berharap program yang diajukan bisa masuk dalam skala prioritas.

Banjir yang terjadi di perumahan Tiban Koperasi blok E Kecamatan Sekupang ini bukanlah kasus lama. Melainkan baru-baru ini terjadi, tepatnya pasca kolam penampung air ditimbun oleh pihak pengembang properti lain. Pengembang yang akan membangun unit rumah toko (ruko) ini sudah membuat kolam retensi pengganti. Namun besarnya tidak seluas kolam lama sehingga tak mampu menampung tingginya debit air hujan yang beberapa waktu belakangan guyur Kota Batam.

“Sudah 23 tahun kami di sini, tidak pernah banjir. Baru ini banjir, sejak kolam ditutup,” kata seorang warga.

Mungkin Anda juga menyukai