Replika Kabah Dominasi Pawai Takbir Idul Adha

Media Center Batam – Replika ka’bah menjadi hiasan yang paling banyak digunakan dalam pawai takbir Idul Adha 1439 H tingkat Kota Batam. Seperti Kelurahan Tanjungpiayu, Kelurahan Mukakuning, Kelurahan Duriangkang, dan Kelurahan Mangsang. Empat kelurahan di Kecamatan Sei Beduk ini kompak dengan kendaraan milik pihak Kecamatan yang juga memakai miniatur ka’bah sebagai tema mobil hiasnya.

Hiasan lain yang tampak di kendaraan hias yakni unta yang ditunggangi, kapal, dan masjid. Keramaian pawai tak hanya dari kemeriahaan kendaraan hias tapi juga gema takbir dari seluruh peserta. Mulai dari orangtua, remaja, hingga anak-anak antisiasme menggemakan takbir.

Pawai dilepas oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad di Jalan RH Fisabilillah tepatnya di depan Palm Spring, Selasa (21/8) malam.

Amsakar berharap Idul Adha ini menjadi momen untuk menumbuhkan semangat berkurban dari warga Batam untuk Indonesia dan untuk Kota Batam.

“Spirit peristiwa Nabi Ibrahim bisa menjadi teladan bagi kita semua dalam rangka membangun semangat rela berkorban itu,” kata Amsakar.

Khusus untuk pawai, ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang ikut serta. Meskipun ekonomi belum membaik, tidak mengurangi antusiasme warga berbondong-bondong menyemarakkan malam Idul Adha.

“Semoga ini jadi sinyal positif bagi Kota Batam,” kata dia.

Ketua Panitia Pawai, Yusfa Hendri mengatakan pawai Idul Adha ini diikuti 63 peserta. Dari kecamatan, kelurahan, organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, masjid-masjid, organisasi kemasyarakatan, komunitas, karang taruna, dan partisipan dari masyarakat umum.

“Pawai ini dilombakan dengan total hadiah Rp 54 juta untuk juara I, II, III, dan juara harapan I,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam ini.

Adapun rutenya yaitu dari Dataran Madani Palm Spring, ke jalan layang Laluan Madani, Jalan Yos Sudarso, Pelita, Lubukbaja, Simpang Pacific Hotel, Harbour Bay, Polsek Batuampar, Sei Panas, Masjid Agung Batam Centre.

Mungkin Anda juga menyukai