CJH Kloter Terakhir Bersiap Terbang ke Tanah Suci

Media Center Batam – Calon jemaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) terakhir dari Embarkasi Hang Nadim Batam bersiap berangkat ke tanah suci. Persiapan di antaranya tampak ketika CJH kloter 27 asal Kota Batam menyerahkan koper ke panitia penyelenggara ibadah haji di Kantor Walikota Batam, Senin (13/8).

“Hari ini kita kumpulkan koper. Besok masuk asrama haji. Tapi kumpul dulu di Masjid Agung, Masjid Raya, jam 09.00. Lalu sama-sama masuk Asrama Haji pukul 10.00 WIB,” kata Ketua Rombongan (Karom) 7 Kloter 27 Embarkasi Hang Nadim Batam, Yubahar.

Kloter 27 ini dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada Rabu (15/8). Pesawat milik maskapai Saudi Arabian Airlines jenis Boeing 747 berkapasitas 450 penumpang direncanakan terbang membawa jemaah sekitar pukul 10.55 WIB.

Yubahar menjelaskan tugasnya sebagai Karom adalah penyambung lidah petugas haji kepada jemaah. Informasi ia peroleh dari ketua kloter, kemudian diteruskan ke ketua regu.

“Tiap rombongan itu ada empat regu. Maksimal jemaah di tiap rombongan 45 orang. Kebetulan di rombongan saya ada 42 orang saja,” tutur Yubahar sambil kembali menghitung jumlah koper di rombongan yang ia pimpin.

Selain CJH asal Kota Batam, Kloter 27 ini juga memberangkatkan jemaah dari kabupaten/kota lain di Provinsi Kepulauan Riau. Ada sekitar 360-an jemaah yang akan berangkat di kloter 27 ini. Sebelumnya dua kloter jemaah calon haji (JCH) sudah lebih dulu berangkat, yakni kloter 1 dan kloter 19.

Kloter 1 berangkat ke Madinah pada Rabu (18/7) lalu. Sebanyak 449 JCH berangkat, terdiri dari 216 CJH asal Kota Tanjungpinang, 88 dari Kabupaten Natuna, 57 jemaah asal Kabupaten Lingga, 43 orang dari Kabupaten Kepulauan Anambas, 40 jemaah Kota Batam, serta lima orang petugas kloter.

Sedangkan kloter 19 berjumlah total 444 orang berangkat pada Selasa (7/8). Di dalamnya terdapat 175 JCH asal Kota Batam. Dan ada  satu JCH asal Kabupaten Meranti Provinsi Riau yang mutasi masuk. Berbeda dengan kloter pertama, kloter 19 ini sudah masuk gelombang kedua pemberangkatan haji 1439 H. Mereka diterbangkan ke Bandara King Abdul Azis Jeddah untuk langsung ke Mekah, tidak ke Madinah.

Mungkin Anda juga menyukai