Disdukcapil Siapkan Mobil Pelayanan KTP untuk Korban Kebakaran

Media Center Batam – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam menyiapkan satu mobil pelayanan di Gedung Bersama Pemko Batam di Batam Centre, Jumat (20/7). Mobil Disdukcapil ini hadir untuk melayani perekaman dan pencetakan KTP-el bagi korban kebakaran rumah liar (ruli) Beverly yang tinggal sementara di gedung pemerintahan tersebut.

“Untuk yang sudah punya KTP-el Batam, langsung dicetak kembali saja, tidak butuh waktu lama. Tapi ada juga yang belum merekam, maka ada mobil yang stand by di lokasi,” kata Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar.

Pada hari pertama pelayanan berjalan ini, petugas sudah mencetak 30 keping KTP-el warga. Dan saat ini petugasnya masih terus mendata seluruh korban yang ada.

“Data yang diterima langsung dicek ke sistem. Yang belum rekam, kita bantu rekam. Jadi kami bantu melengkapi dokumen kependudukan mereka,” ujarnya.

KTP-el, kata Said, merupakan dokumen negara yang sangat penting bagi masyarakat. Berbagai urusan bisa diselesaikan dengan melampirkan kartu identitas penduduk ini. Dan akibat kebakaran Sabtu pekan lalu, banyak warga yang kehilangan dokumen berharga ini. 

“Karena ini penting, maka kami jemput bola membantu warga. Kami memberikan kemudahan. Jangan sampai mereka tak punya KTP. Apalagi semua dokumen yang menjadi persyaratan permohonan sudah ludes terbakar,” tutur mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako Batam tersebut.

Menurut Said, ada ratusan orang yang kehilangan tanda pengenal akibat kebakaran. Oleh sebab itu ia mengaku butuh waktu untuk pengecekan data dan pencetakan KTP-el. Meski begitu ia berharap kebutuhan akan kartu identitas bisa dituntaskan dalam waktu dekat.

“Ya mudah-mudahan tak lama prosesnya. Karena mereka butuh juga untuk mengurus yang lain,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai