Dishub Ramp Check Kendaraan Umum dan Pariwisata

Kepala Dinas Perhubungan, Yusfa Hendri

Media Center Batam – Petugas Dinas Perhubungan Batam melakukan ramp check terhadap sejumlah kendaraan khususnya angkutan umum seperti bus Trans Batam dan mobil agen perjalanan wisata. Pemeriksaan kelaikan kendaraan ini dilakukan di sejumlah titik, di antaranya Transfer Point Bus Trans Batam di Batam Centre, Kamis (7/6).

“Sesuai dengan instruksi pusat kami melakukan ramp check sebagai langkah antispasi arus mudik lebaran dan tahun baru,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Yusfa Hendri.

Ada sekitar 73 bus Trans Batam yang dicek. Menurutnya pemeriksaan ini berbeda dengan uji KIR yang biasanya dilakukan enam bulan sekali. Pengecekan dilakukan secara manual meliputi lampu besar, lampu sorot, lampu sein, ban, rem, hingga ketersediaan APAR (alat pemadam api ringan), alat pemecah kaca, dan pintu darurat.

“Kita melakukan pemeriksaan secara keseluruhan. Sementara kepolisian juga kita libatkan untuk memeriksa kelengkapan kendaran yakni SIM dan STNK,” kata dia.

Jika sudah melalui ramp check, petugas akan menempelkan stiker di kendaraan tersebut. Ia berharap dengan pengecekan ini arus mudik Kota Batam berjalan aman dan lancar. Meskipun Batam tidak mempunyai rute angkutan darat antar kota seperti daerah lain di Indonesia.

“Kita berharap selama masa libur cuti bersama Idul Fitri 1439 H ini tidak ada kejadian kecelakaan, khususnya yang disebabkan ketidaklaikan kendaraan,” ujarnya.

Setelah cek bus Trans Batam, pemeriksaan dilanjutkan ke Nusa Jaya Indofast Tour & Travel. Ada sekitar 74 kendaraan yang dimiliki jasa perjalanan pariwisata ini. Terdiri dari 50 unit bus pariwisata, 15 unit coaster, dan selebihnya van.

“Kita lakukan uji petik ramp checknya,” sebut dia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *