Batam Punya Masjid Besar di Tiap Penjuru

Media Center Batam – Batam memiliki masjid besar di tiap penjuru angin. pada bagian timur ada Masjid Jabal Arafah milik Menteri PANRB Asman Abnur. Kemudian di sebelah utara ada Masjid Agung Batam Centre, sebelah barat Masjid Baiturrahman Sekupang, dan di selatan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah III.

Masjid Baiturrahman dan Masjid Agung Batam Centre atau yang sebelumnya bernama Masjid Raya, saat ini masih tercatat sebagai aset Badan Pengusahaan Batam. Namun dalam proses peralihan aset di tingkat pusat untuk dipindahkan kepemilikannya ke Pemerintah Kota Batam.

Sedangkan Masjid Sultan, merupakan masjid yang sedang dalam tahap pembangunan oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemko Batam. Masjid ini dibangun dengan anggaran tahun jamak dan dijadwalkan rampung 2019 mendatang.

“Di empat penjuru angin sudah ada masjid. Masjid Raya dan Baiturrahman itu kita mau rombak semua. Sekarang sedang dirancang, didesain. Dan skrg sedang dibangun masjid terbesar di Sumatera, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah III, yang mampu menampung 25.000 jemaah. Itu juga kita harapkan menjadi destinasi wisata religius,” tutur Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dalam safari Ramadhan di Masjid Hidayatul Ulum Kavling Kemboja Sagulung, Rabu (6/6).

Amsakar mengatakan semua itu pemerintah lakukan semata-mata untuk memenuhi visi bersama. Yakni menjadikan Batam sebagai bandar dunia madani.

Selain menyiapkan masjid besar, Pemko Batam juga terus menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid di lingkungan tempat tinggal warga. Pada Ramadhan 1439 H ini, Amsakar mengunjungi sekitar 48 masjid dalam 24 hari safari Ramadhan. Tiap safari kunjungi dua masjid berbeda, ketika berbuka puasa dan shalat tarawih.

“Kepemimpinan sekarang sangat fokus sangat serius dengan perkembangan rumah ibadah. Untuk safari Ramadhan ini saya dapat 24 hari, buka sama tarawih. Berarti masjid yang dikunjungi 48 masjid. Pak wali juga sama. Tiap masjid dibantu Rp 50-100 juta,” sebutnya.

Untuk Masjid Hidayatul Ulum, Pemko Batam berikan bantuan Rp 100 juta. Besar bantuan yang sama diberikan ke Masjid Ukhuwah Al-Islamiyah tempat safari buka puasa. Tapi bantuan ini baru dicairkan setelah APBD Perubahan diketuk, sekitar bulan Oktober atau November.

Ketua Masjid Hidayatul Ulum, Amran mengatakan dalam waktu depan bagian depan Masjid yang masih berupa tiang pancang ini akan dicor. Saat ini pengurus sedang menyebar proposal untuk mendapat bantuan pembelian semen ready mix.

“Alhamdulillah ada bantuan dari orang dermawan di lingkungan ini. Tapi tetap masjid kami sangat membutuhkan bantuan Pemko. Karena itu kami tidak segan tidak malu, mohon bantuan Pemko,” ujarnya.

Selain itu warga juga minta bantuan penerangan jalan menuju masjid. Permintaan ini diharapkan Pemko Batam pandang seperti permintaan anak kepada orangtua. Karena Pemko Batam menjadi pelindung masyarakatnya.

Mungkin Anda juga menyukai