Peserta BPJS Kesehatan Diimbau Bawa Kartu JKN-KIS Selama Mudik

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Zoni Anwar Tanjung dalam konferensi pers di Grand I Hotel Nagoya, Senin (4/6).

Media Center Batam – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS selama mudik lebaran. Karena peserta tetap bisa mendapat layanan kesehatan selama cuti bersama Idul Fitri 1439 H. Pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) bisa didapat peserta walaupun tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Prinsip portabilitas pada program JKN-KIS bisa dirasakan saat mudik lebaran. Peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Zoni Anwar Tanjung dalam konferensi pers di Grand I Hotel Nagoya, Senin (4/6).

Menurut Zoni, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran ini juga berlaku bagi FKTP non Puskesmas seperti klinik pratama dan dokter praktik perorangan. Apabila di lokasi terdekat tidak ada FKTP, atau peserta butuh layanan di luar jam kerja FKTP, bisa datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit untuk mendapat pelayanan medis dasar.

Dan pada keadaan gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS.

“Selama peserta mengikuti prosedur dan ketentuan berlaku, serta tindakan medis yang diperoleh berdasarkan indikasi medis yang jelas sesuai hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani. Dan fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta,” kata dia.

Zoni mengatakan pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, peserta diminta untuk disiplin membayar iuran.

“Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Dalam Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” sebutnya.

BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh di Google Play Store untuk perangkat seluler berbasis Android. Aplikasi ini menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, dan daftar lokasi penting.

“Selama libur lebaran masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Centre 1500400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan libur. Kantor BPJS Kesehatan juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00-12.00,” kata Zoni.

BPJS Kesehatan juga membuka posko di beberapa titik arus mudik yang padat. Batam tidak dibuat posko karena angka arus mudik dan jumlah kepesertaannya tidak terlalu besar.

“Tapi kita akan buat pengumuman mengenai fasilitas kesehatan terdekat dari pintu masuk dan keluar mudik. Misal di bandara, kita pasang spanduk berisi informasi mengenai FKTP atau Rumah Sakit terdekat,” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai