Pasien Rawat Jalan RSUD Tetap Dilayani Selama Libur

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Koesmarjadi

Media Center Batam – Pelayanan pasien rawat jalan di RSUD Embung Fatimah selama cuti bersama Idul Fitri akan dialihkan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Koesmarjadi menyampaikan hal ini dalam konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Grand I Hotel Nagoya, Senin (4/6).

“RSUD mulai Sabtu (9/6) polikliniknya tidak buka, sampai tanggal 21 Juni baru buka kembali. Jadi kalau ada pasien rawat jalan, diarahkan ke IGD,” kata Didi.

Pihak rumah sakit akan menambah tenaga perawat di IGD untuk melayani pasien rawat jalan. Karena statusnya tetap rawat jalan, namun jalurnya saja yang melalui IGD.

“Untuk dokter sudah dibuat jadwal piketnya. Termasuk dokter spesialis untuk kasus emergency,” ujarnya.

Sedangkan Puskesmas, kata Didi, tetap melayani 24 jam khususnya untuk kasus kegawatdaruratan. IGD 24 Jam tersedia di seluruh Puskesmas, kecuali tiga yang baru yakni Rempang Cate, Jabi Nongsa, dan Tanjunguncang.

Dokter yang bertugas stand by di sebagian besar Puskesmas. Kecuali Puskesmas Sei Langkai dan Sei Lekop yang dokternya bersifat on call karena jumlah tenaga terbatas.

“Saat ini di Batam ada 20 Puskesmas. Sepuluh di antaranya sudah mengembangkan pelayanan poli hingga sore hari. Di antaranya Botania, Baloi Permai, Lubukbaja, Sengkuang, Sei Panas, Sekupang, Sei Lekop, Batuaji, dan Sei Langkai,” sebut Didi.

Sementara itu, BUMN farmasi, Kimia Farma pun menyiagakan delapan klinik pratamanya selama cuti bersama Idul Fitri 1439 H. Delapan klinik pratama yang tetap layani pasien yakni Kimia Farma Kampung Utama Nagoya, Pasar Sagulung, Batam Centre, Botania, Panbil, Aviari, dan SP Plaza.

Dokter umum disiagakan di tanggal merah. Sedangkan dokter gigi melayani di hari biasa.

“Kami rasa cukup wakili ketersebarannya. Klinik Panbil dan Aviari buka 24 jam. Tanggal 15-16 Juni hanya buka pukul 09.00-21.00, selebihnya tetap buka seperti jadwal sedia kala. Mudah-mudahan bisa membantu peserta BPJS untuk berobat di klinik pratama,” kata Business Manager Klinik Kimia Farma, Machali.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *