PUPR Anggarkan Rp 7 Miliar Bangun Jalan Koleksi Kebun Raya Batam

Media Center Batam – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini menambah infrastruktur jalan di Kebun Raya Batam. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 7 miliar.

“Jalan yang akan dibangun nanti jalan koleksi. Jadi di sepanjang sisi kanan dan kiri

jalan yang dibangun akan dipajang koleksi tanaman Kebun Raya Batam. Pengunjung bisa berjalan santai, pakai motor pun bisa. Kiri kanan jalan, akan dikelompokkan family tanaman dalam beberapa zona,” papar  Kepala Unit Pelaksana Teknis Adek Lonavia, Rabu (23/5).

Pekerjaannya nanti, kata Adek, akan dilakukan langsung oleh Kementerian PUPR. Jalan yang akan dibangun memiliki panjang 700 meter. Dan rencananya dibuat selebar 6 meter. Menurutnya, pada proses pekerjaan fisik jalan ini tidak ada campur tangan Pemerintah Kota Batam.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Eryudhi Apriadi mengatakan pembangunan fisik yang sudah mulai dikerjakan Mei ini ditargetkan rampung tahun ini juga.

“Perkiraan Oktober selesai, awal November sudah operasional,” ujarnya.

Kebun Raya Batam (KRB) saat ini sudah memiliki 10.000 tanaman koleksi. Terdiri dari sedikitnya 666 jenis tanaman yang masuk pada 428 marga dan 119 famili. Tanaman koleksi ini didapat dari kegiatan eksplorasi yang dilaksanakan oleh tim Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan tim KRB.

Berdasarkan data LIPI, eksplorasi dilakukan di hutan lindung Pulau Batam dan pulau kecil di sekitar Batam, Karimun, Bintan, dan Pulau Sebangka. Eksplorasi diadakan sejak 2013 lalu. Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex-situ Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, Joko Ridhowiono, pada kunjungannya ke Batam akhir tahun 2017 lalu mengatakan bahwa volume kegiatan LIPI di Kebun Raya Batam adalah yang tertinggi pada tahun 2013.

Mungkin Anda juga menyukai