BI Siapkan Rp 3 Triliun untuk Lebaran di Kepri

Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri/Wakil Ketua TPID Kepri, Gusti Raizal Eka

Media Center Batam – Bank Indonesia (BI) siapkan Rp 3 triliun uang kartal untuk persiapan Idul Fitri 1439 Hijriyah di Provinsi Kepulauan Riau. Jumlah ini meningkat cukup signifikan dibanding tahun lalu, Rp 2,4 triliun.

“Lima tahun terakhir, 2013-2017, peningkatan outflow hampir mencapai 13,9 persen per tahun. Idul Fitri 2018 BI perkirakan kebutuhan uang tunai secara nasional meningkat 15,3 persen menjadi Rp 188,2 triliun. Di Kepri kita memperkirakan outflow sebesar Rp 3 triliun. Tahun lalu nasional Rp 163,2 triliun, Kepri Rp 2,4 triliun,” papar Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka di Baloi, beberapa waktu lalu.

Gusti menjelaskan, peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat ini juga disebabkan adanya penambahan libur bersama. Juga akibat kenaikan tunjangan hari raya (THR). Serta beberapa wilayah di Indonesia yang sedang musim pemilihan kepala daerah. 

Meski begitu, BI tetap siap melayani berapapun kebutuhan masyarakat untuk hadapi lebaran tahun ini. Gusti berharap masyarakat mengkombinasikan juga tunai dengan non tunai. Karena ke depan BI ingin mewujudkan less cash society atau masyarakat non tunai.

Gusti mengatakan untuk layanan penukaran uang, berbagai program akan dilakukan BI bersama perbankan umum. Di antaranya kas keliling, kas titipan, dan kas bersama.

“Juga ada program BI Jangkau, khusus layani daerah terluar. Kemarin kita launching di Anambas untuk layani Anambas dan sekitarnya. Juga ada di Natuna dan Lingga. Di tiga daerah itu perbankannya belum begitu banyak, sementara pulau banyak. BI bersama Himbara (himpunan bank milik negara), Bank Riau Kepri, termasuk Pegadaian akan bantu mendistribusikan uang di tiga daerah ini,” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *