KPU Verifikasi Dukungan Bakal Calon Anggota DPD

Media Center Batam – Sebanyak 11 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Kepulauan Riau memperbaiki berkas syarat dukungan calon. Kesebelas namanya yaitu Dharma Setiawan, Surya Makmur Nasution, Sabar Hasibuan, Haripinto Tanuwidjaja, Riky Solihin, Muhammad Syahrial, Richard H Pasaribu, Moch Nasrudin, Sukhri Farial, Mustofa Widjaja, dan Alias Wello.

Sebelumnya berkas 11 orang ini dinyatakan belum melengkapi syarat dukungan pencalonan. Syarat yang belum terpenuhi yaitu dukungan 2.000 warga yang tersebar di 50 persen kabupaten/kota di Kepri.

Rinciannya yaitu Dharma Setiawan harus perbaiki 322 data pendukung, Surya Makmur Nasution 468 data, Sabar Hasibuan 739 data pendukung, Haripinto Tanuwidjaja 192 data. Kemudian Riky Solihin diminta perbaiki data 451 dukungan, Muhammad Syahrial 399 data pendukung, Richard H Pasaribu 533 data, Moch Nasrudin 580 data, Sukri Fahrial 392 data, Mustofa Widjaja harus perbaiki data 909 pendukung, dan 232 data pendukung harus diperbaiki Alias Wello.

Mereka kemudian diberi waktu untuk memperbaiki berkas dukungan pada 17-20 Mei 2018 lalu.

“Sudah dilengkapi. Dan sekarang sedang kami verifikasi lagi berkas syarat perbaikan yang baru masuk,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kepri, Said Sirajudin, Senin (21/5).

Verifikasi yang dilakukan yakni dengan melihat administrasi persyaratan. Apakah jumlah dukungan tersebar di 50 persen kabupaten/kota. Juga dilihat apakah ada kesesuaian antara data di formulir dengan di KTP.

“Kami juga menyelidiki apakah ada satu nama yang berikan dukungan ke lebih dari satu calon. Atau dua formulir diisi satu data pendukung yang sama. Ganda seperti itu tidak boleh,” ujarnya.

Said mengatakan setelah verifikasi administrasi selesai, tahap selanjutnya yaitu verifikasi faktual. Pelaksanaannya berdasarkan jadwal yakni 30 Mei-19 Juni 2018.

Dengan dilengkapinya berkas 11 bakal calon ini, maka ada 15 bakal calon DPD RI dapil Kepri. Empat nama lainnya yang sudah terlebih dulu lengkapi berkas dukungan yaitu Ria Saptarika, Alfin, Mohammad Nabil, dan Hardi Selamat Hood.

Mungkin Anda juga menyukai