Warga Taman Baloi Usulkan Pembangunan Taman Bermain

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan kata sambutan musrenbang kelurahan taman baloi di Imperium Sudirman Square, Senin (3/2).

Media Center Batam – Sarana bermain di lingkungan perumahan dinilai penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Ini yang mendorong sejumlah perumahan mengajukan pembangunan dan penataan taman bermain dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Kelurahan Taman Baloi di Imperium Sudirman Square, Senin (3/2).

“Ada dua usulan pembangunan penataan taman bermain anak di Taman Baloi dalam musrenbang tahun ini. Pertama di Perumahan Cemara Garden, kedua di Wisma Buana Indah,” kata Camat Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha.

Pada musrenbang 2020 ini warga Kelurahan Taman Baloi mengusulkan 19 kegiatan non PIK. Di antaranya semenisasi lapangan SMPN 31 di Perumahan Anggrek Sari. Kemudian rehabilitasi ruang kelas SDN 007 Perumahan Eden Park, pelebaran Jalan, pembangunan batu miring, gorong-gorong, pemasangan lampu jalan, semenisasi jalan lingkungan, pembangunan drainase lingkungan, hingga pelatihan.

Aditya menjelaskan, jumlah penduduk Taman Baloi per 31 Desember sebanyak 21.539 jiwa dalam 8.076 kepala keluarga. Jumlah RT di Taman Baloi sebanyak 52, dan RW ada 21.

“PIK tahun 2019 ada 14 paket pekerjaan. Tahun 2020 ini direalisasikan 12 paket. Dari DAU (dana alokasi umum) tambahan fisik 2019 ada 3 paket dan non fisik berupa pelatihan pengembangan jiwa wirausaha. Tahun ini dari DAU fisik ada 3 paket pekerjaan, dan juga ada pelatihan untuk kegiatan non fisiknya,” papar Aditya.

Sedangkan kegiatan non PIK pada 2019 terealisasi di enam titik wilayah Taman Baloi. Dan tahun 2020 ini akan dilaksanakan di tujuh titik.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad pada sambutannya menyampaikan bahwa anggaran pemerintah daerah terbatas, untuk itu  perlu disusun berdasarkan skala prioritas.

Amsakar juga menyampaikan beberapa hasil pembangunan yang yang telah dicapai selama 3 tahun 11 bulan kepemimpinan Rudi-Amsakar antara lain infrastruktur khususnya penataan jalan utama dan pengendalian banjir.

“jalan-jalan Batam sudah lebar dan semakin cantik, beberapa kawasan juga kita belah untuk membangun drainase untuk mengendalikan banjir”, tegasnya.

Amsakar juga menyampaikan bahwa sarana prasarana kawasan permukiman semakin baik dengan adanya anggaran PIK yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Disampaikan juga bahwa Dibidang peningkatan SDM anak-anak Batam yang masuk ke 5 perguruan tinggi unggulan (UI, ITB, IPB, Unpad dan UGM) melalui jalur undangan telah diberikan beasiswa hingga selesai. “jumlahnya sampai saat ini sudah 187 orang yang mendapat beasiswa”, jelas Amsakar.

Selanjutnya Amsakar meminta masyarakat untuk mendoakan agar disisa masa kepemimpinan bersama Walikota H.Muhammad Rudi yang masih 1 tahun  diberikan kesehatan dan tetap itiqomah dalam membangun Batam, sehingga Batam akan semakin hebat.

Mungkin Anda juga menyukai