๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐๐ž๐ซ๐ค๐ฎ๐š๐ญ ๐Š๐จ๐จ๐ซ๐๐ข๐ง๐š๐ฌ๐ข ๐Œ๐ข๐ญ๐ซ๐š ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐๐ฎ๐๐š๐ฒ๐š๐ค๐š๐ง ๐†๐ž๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ ๐๐ž๐ฆ๐ข ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐๐ž๐ซ๐ฌ๐ข๐ก ๐๐š๐ง ๐’๐ž๐ก๐š๐ญ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆโ€“ Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kesehatan terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menggelar Pertemuan Koordinasi Mitra dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Planet Holiday Hotel, Sei Jodoh, Senin (30/09/2024).

Acara dihadiri oleh 210 peserta yang terdiri dari berbagai organisasi masyarakat, sektor swasta, dan instansi kesehatan. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh mitra kesehatan yang telah berperan aktif mendukung pelaksanaan Germas.

Menurutnya, kesehatan adalah fondasi utama dalam menjalankan berbagai aktivitas, dan karena itu perlu terus dijaga melalui perilaku hidup sehat.

โ€œTanpa kesehatan, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Oleh karena itu, mari kita lakukan berbagai kegiatan yang mendukung kesehatan masyarakat agar tetap sehat dan bugar,โ€ ujar Jefridin.

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi antara Pemerintah Kota Batam dan berbagai unsur masyarakat dalam membudayakan Germas. Jefridin menegaskan, Germas bukan hanya soal kesehatan fisik, tapi juga terkait dengan kebersihan lingkungan yang menjadi masalah utama di Batam, terutama persoalan sampah.

“Mari kita pilah sampah dan jual di bank sampah, atau ciptakan inovasi untuk mengelola sampah organik. Jika Batam bersih, maka akan mengundang investasi dan wisatawan, membuka lapangan kerja, serta mendatangkan pendapatan pajak yang akan digunakan untuk membangun kota,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Germas sudah diterapkan di 40 kelurahan di Batam, dan diharapkan seluruh kelurahan dapat ikut serta dalam gerakan ini guna menciptakan Batam yang lebih bersih dan sehat. Menurut Jefridin, kebersihan kota akan berdampak besar pada kesehatan masyarakat, serta mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

Acara ini juga menghadirkan narasumber dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, yang memberikan pemaparan tentang pentingnya membudayakan perilaku hidup sehat di masyarakat.

Jefridin berharap, melalui sinergi semua pihak, Batam dapat menjadi kota yang bersih dan sehat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan.

Mungkin Anda juga menyukai

DD