Raih 33 Poin, Sagulung Juara Umum STQ VII Kota Batam

Media Center Batam – Kecamatan Sagulung berhasil menjadi juara umum pada pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VII Tingkat Kota Batam Tahun 2019. Berdasarkan data, Kecamatan Sagulung unggul di tilawah anak-anak putra, tahfidz 1 juz dan tilawah putri, tahfidz 20 juz putra, dan tafsir Bahasa Arab putra.

Kecamatan yang dipimpin Reza Khadafi ini meraih total nilai 33. Terpaut cukup jauh dari juara II Kecamatan Batam Kota yang memperoleh poin 20. Sementara juara III diraih Kecamatan Batuaji dengan selisih 1 poin dari Batam Kota. Dan juara IV Kecamatan Bengkong dengan perolehan 14 poin.

Walikota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan piala bergilir kepada para pemenang. Penyerahan piala dilaksanakan di Astaqa Utama, Dataran Engku Putri Batam Centre, pada penutupan STQ VII Batam, Jumat (5/4) malam.

Dalam sambutannya, Rudi mengatakan STQ adalah wadah untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Quran. Sehingga Al-Quran benar-benar dijadikan pedoman hidup.

“Orangtua harus mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak, terutama pendidikan budi pekerti dan akhlak. Dengan demikian maka mereka akan tumbuh dan berkembang sebagai generasi yang tangguh dan teguh imannya,” ujar Rudi.

Pelaksanaan musabaqoh menurutnya sebagai ajang memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Quran. Kegiatan religius dan sarat syiar Islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat.

“Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini. Diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah,” tuturnya.

Kepada qori-qoriah, hafizh-hafizhah dan mufasir-mafasiroh yang menjadi juara, Rudi memberikan ucapan selamat. Harapannya prestasi ini bisa dipertahankan di masa akan datang. Bagi anggota kafilah yang belum berhasil menunjukkan prestasinya diharapkan untuk terus berlatih dan memacu diri untuk prestasi di kesempatan akan datang.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang STQ Tahun 2019. Ia juga menyampaikan harapannya agar STQ VII Tingkat Kota Batam dapat menjadi sumber kesadaran bagi peningkatan komitmen umat untuk membaca, memahami, dan mengamalkan kandungan Al-Quran serta menjadikan sebagai pedoman hidup.

“Melalui kegiatan STQ ini para pecinta Al-Qur’an dari seluruh kecamatan se Kota Batam dapat melakukan silahturahmi dan komunikasi. Pada akhirnya akan menumbuhkan kecintaan dan keagungannya terhadap kandungan dan kemukjizatan Al-Qur’an,” ucap Amsakar.

Pada STQ VII ini juga digelar lomba qasidah rebana dan bazar. Pesertanya juga perwakilan tiap kecamatan.

Adapun Juara I Lomba Qasidah Rebana Tingkat Kota Batam Tahun 2019 diraih grup Al-Kaffah dari Kecamatan Nongsa dengan jumlah nilai 468. Juara II diraih grup rebana Annisa dari Kecamatan Sekupang dengan nilai 465, juara III diraih grup rebana Al-Hijrah dari Kecamatan Sei Beduk dengan nilai 441 dan juara IV diraih grup rebana Shofwatunnisa dari Kecamatan Batam Kota dengan nilai 438.

Untuk lomba bazar Tingkat Kota Batam Tahun 2019 juara I diraih Kecamatan Lubuk Baja dengan nilai 4.278, Kecamatan Batu Ampar di posisi ke II dengan nilai 4.230, peringkat ke III Kecamatan Batu Aji dengan nilai 4.228 dan peringkat ke IV diraih Kecamatan Nongsa dengan jumlah nilai 4.220.

Mungkin Anda juga menyukai