๐๐๐ค๐๐ ๐๐๐๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐๐ซ๐ข๐ฆ๐ ๐๐ฎ๐ง๐ฃ๐ฎ๐ง๐ ๐๐ง ๐๐๐ซ๐ฃ๐ ๐๐๐ค๐จ ๐๐ซ๐๐๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ก, ๐๐ฉ๐ซ๐๐ฌ๐ข๐๐ฌ๐ข ๐๐๐ฒ๐๐ง๐๐ง ๐๐๐ซ๐ข๐ณ๐ข๐ง๐๐ง ๐๐๐ฅ ๐๐๐ฅ๐๐ฒ๐๐ง๐๐ง ๐๐ฎ๐๐ฅ๐ข๐ค ๐๐จ๐ญ๐ ๐๐๐ญ๐๐ฆ
๐๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐๐จ ๐๐๐ญ๐๐ฆ- Wali Kota Batam/Kepala BP Batam, Amsakar Achmad diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Prabumulih yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Prabumulih, H. Arlan, Jumat (21/03/2025). Kunjungan kerja itu dalam rangka untuk mempersiapkan terselenggaranya Mal Pelayanan Publik di Kota Prabumulih.
Jefridin didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), Reza Khadafi langsung mengajak Wali Kota Prabumulih dan rombongan berkeliling untuk melihat langsung pelayanan perizinan yang ada di Gedung Sumatera Promotion Centre itu.
โIni lah Mal Pelayanan Terpadu Pemerintah (MPP) Kota Batam, merupakan MPP pertama di Indonesia dan layanan perizinannya cukup lengkap,โ ujar Jefridin.
Jefridin menjelaskan kehadiran mal pelayanan publik bertujuan untuk pengintegrasian berbagai jenis pelayanan publik yang kewenangan pelayanannya pada pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta BUMN dan BUMD.
Selain itu juga untuk menciptakan situasi yang kondusif dan suportif bagi masyarakat dalam memperoleh layanan. Karena untuk mendapatkan pelayanan perizinan, masyarakat tidak perlu berpindah lokasi namun cukup di satu tempat saja. Hadirnya MPP ini juga untuk percepatan proses perizinan untuk mendukung investasi di Kota Batam.
โPelayanan perizinan di sini cukup lengkap. Beberapa pelayanan yang tersedia di MPP Kota Batam seperti pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP dan kartu keluarga, pengurusan paspor dari Imigrasi, pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat, serta pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) bisa dilaksanakan di sini,โ jelasnya.
Pada MPP Batam juga terdapat layanan perbankan dari beberapa bank seperti Bank Riau Kepri dan BNI untuk memudahkan transaksi pembayaran. Sementara untuk intansi nonpemerintah yaitu BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Notaris, Pejabat Pembuat Akta Tanah, Kadin, REI, Ikatan Arsitek Indonesia, ATB dan Bright PLN Batam.
Untuk mendukung kelancaran layanan tersebut, MPP Batam dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dirancang untuk kenyamanan pengunjung. Diantaranya fasilitas bermain anak, terdapat ruang menyusui. Begitu juga fasilitas disabilitas juga disediakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penyandang disabilitas, masyarakat yang sedang sakit atau sudah lansia dalam berurusan di MPP.
Wali Kota Prabumulih, H. Arlan mengapresiasi lengkapnya fasilitas pelayanan yang tersedia di MPP Pemerintah Kota Batam. Ia bertekad untuk menjadikan mal pelayanan publik Kota Batam sebagai percontohan dan diwujudkan di kota yang dipimpinnya.
โTerimakasih atas kesediaan Bapak Sekda yang sudah menerima Saya dan rombongan. Informasi yang didapat dari kunjungan kerja ini akan kami aplikasikan di Kota Prabumulih. MPP Kota Batam sangat komplit dan luar biasa,โ pujinya.(*)
Foto: Iwan
Rilis: Devina