๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐“๐ž๐ค๐š๐ง๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ง๐ญ๐ข๐ง๐ ๐ง๐ฒ๐š ๐Š๐ž๐ฏ๐š๐ฅ๐ข๐๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ญ๐š ๐Š๐ž๐ฉ๐ž๐ ๐š๐ฐ๐š๐ข๐š๐ง

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas data kepegawaian para ASN khususnya fasilitator Simpeg atau pengelola kepegawaian di unit kerja lingkungan Pemerintah Kota Batam, Badan Kepegawaian Dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam menyelenggarakan Rapat Koordinasi Data dan Informasi Kepegawaian.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menekankan pentingnya update data Kepegawaian untuk mendapatkan data Kepegawaian yang valid. Hal itu disampaikannya saat membuka Rakor Data dan Informasi Kepegawaian di Ruang Rapat Hang Nadim, Kamis (17/10/2024).

โ€œBahwa data pegawai dalam Simpeg merupakan hasil pemutakhiran data yang dilakukan oleh masing-masing pegawai. Data itu diverifikasi, validasi dan sinkronisasi oleh para fasilitator. Alhamdulillah progres pemutakhiran data telah mencapai 99,69 persen dan progres verifikasi data mencapai 83,97 persen,โ€ ujarnya.

Ia menyampaikan pencapaian yang baik ini merupakan kerja ASN Pemerintah Kota Batam. Namun ia berharap agar pegawai terus meningkatkan pemuktahiran data tersebut sebab data kepegawaian bersifat dinamis.

Diakuinya pengelola data kepegawaian memiliki tugas yang berat untuk menjaga kualitas data demi meningkatkan kualitas layanan kepegawaian.

“Saat ini jumlah PNS di Pemerintah Kota Batam 5.507 dan 3.880 PPPK. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengelola kepegawaian untuk melakukan pengelolaan data di unit kerjanya,” tuturnya.

Pengelolaan data kepegawaian dilakukan melalui aplikasi Simpeg yang telah diluncurkan pda 2017 lalu. Aplikasi ini telah mengakomodir berbagai layanan kepegawaian seperti pengurusan cuti, gaji berkala, kenaikan pangkat, penilaian angka kredit, peningkatan pendidikan dan pencantuman gelar, pengurusan karis/karsu, dan pensiun atau pemberhenitan pegawai.

“Terimakasih BKPSDM dan seluruh fasilitator kepegawaian yang selama ini sudah mengelola dengan baik data kepegawaian. Semoga setelah mengikuti rapat koordinasi ini para ASN menjadi lebih menyadari pentingnya kualitas data ASN bagi kepentingan ASN itu sendiri, bagi organisasi dan lebih luas lagi bagi Pemerintah Kota Batam,โ€ pungkasnya.

Kepala BKPSDM Kota Batam, Asnah menyampaikan layanan kepegawaian yang ada di BKN, tidak akan berjalan dengan baik apabila data kepegawaian yang ada di S-I-A-S-N tidak lengkap atau tidak berkualitas. Untuk itu Simpeg telah diintegrasikan dengan S-I-A-S-N melalui teknologi web service, sehingga data pegawai yang telah diverifikasi di Simpeg akan otomatis termutakhirkan di S-I-A-S-N.

โ€œDengan diadakannya rapat koordinasi ini semoga para peserta mendapatkan informasi yang utuh dan akurat mengenai Simpeg dan S-I-A-S-N. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi para peserta, semoga kualitas data pegawai dapat terus tingkatkan,โ€ ucapnya.

Narasumber kegiatan dari Direktorat Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi BKN, Rio Cahyadi dan Pramudio Saksono.(*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD