๐’๐ž๐ค๐๐š ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐“๐ข๐ง๐ฃ๐š๐ฎ ๐๐š๐ง๐ฃ๐ข๐ซ ๐๐ข ๐‰๐š๐ฅ๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ง๐  ๐Œ๐ž๐ซ๐๐ฎ ๐๐š๐ง ๐‘๐š๐ฃ๐š ๐‡. ๐…๐ข๐ฌ๐š๐›๐ข๐ฅ๐ข๐ฅ๐ฅ๐š๐ก

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ โ€“ Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, M.Pd. meninjau langsung kondisi banjir yang terjadi di beberapa titik Kota Batam, termasuk Jalan Dang Merdu dan Jalan Raja H. Fisabilillah, Kelurahan Teluk Tering, Kecamatan Batam Kota, pada Senin (14/10/2024).

Selama peninjauan, terlihat beberapa kendaraan terpaksa mogok akibat terjebak di genangan air. Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, penyebab utama banjir di kawasan tersebut adalah sampah yang menyumbat saluran drainase, sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar.

โ€œPermasalahan utama yang kita temui adalah banyaknya sampah yang menumpuk di saluran drainase. Kami akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk membersihkan dan memperbaiki saluran ini, agar masalah banjir tidak terus berulang,โ€ ujar Jefridin.

Ia juga menambahkan bahwa Pemerintah Kota Batam, melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, akan segera mengambil langkah-langkah pembersihan dan perbaikan drainase. Selain itu, Jefridin mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama dengan tidak membuang sampah sembarangan.

โ€œKami membutuhkan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Drainase yang tersumbat akibat sampah adalah masalah yang bisa kita cegah bersama. Mari kita jaga kebersihan kota ini demi kenyamanan kita semua,โ€ kata Jefridin.

Banjir yang melanda kawasan ini tidak hanya mengganggu lalu lintas, namun juga menimbulkan kekhawatiran bagi warga sekitar. Pemerintah Kota Batam terus berkomitmen untuk menangani masalah banjir dengan solusi jangka panjang yang melibatkan perbaikan infrastruktur dan kesadaran lingkungan masyarakat.

Mungkin Anda juga menyukai

DD