𝐒𝐞𝐤𝐝𝐚 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐋𝐞𝐩𝐚𝐬 𝐏𝐞𝐬𝐞𝐫𝐭𝐚 𝐓𝐨𝐮𝐫 𝐝𝐞 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐔𝐂𝐈 𝟏.𝟐 𝐎𝐧𝐞 𝐃𝐚𝐲 𝐑𝐚𝐜𝐞 𝐈𝐂𝐅 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚 𝐒𝐞𝐫𝐢𝐞𝐬

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, M.Pd. selaku Ketua Harian ISSI Kepri mewakili H. Muhammad Rudi selaku Ketum ISSI Kepri secara resmi melepas peserta “Tour de Batam UCI 1.2 One Day Race ICF Gran Fondo Indonesia Series” yang berlangsung di Palm Springs Golf/Nuvasa Bay, Nongsa, Sabtu (5/10/2024).

Ajang balap sepeda internasional ini menjadi bagian dari rangkaian acara yang diinisiasi oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) atau Indonesia Cycling Federation (ICF), berlangsung selama dua hari, mulai 5 hingga 6 Oktober 2024.

Sebagai tuan rumah, Batam kembali mendapatkan perhatian dunia, dengan hadirnya 12 Negara yang terdiri dari 200 pembalap dari berbagai negara, baik dari level kontinental, tim nasional, hingga klub sepeda. Diantaranya dari Negara Singapura, Inggris, Australia, Malaysia, Thailand, Italia, Perancis, Jerman, Belanda, Jepang, USA dan Afrika Selatan.

Di antara mereka, terdapat tim papan atas seperti Trengganu Cycling dari Malaysia, yang juga merupakan pimpinan klasemen UCI Asia Tour 2023, serta beberapa tim unggulan lainnya. Jefridin mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Batam sebagai tuan rumah event internasional ini.

“Tour de Batam UCI 1.2 adalah kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan Batam kepada dunia, bukan hanya sebagai kota industri, tetapi juga sebagai destinasi wisata olahraga. Event ini tentu akan membawa dampak positif bagi ekonomi lokal serta mempromosikan potensi investasi yang dimiliki Kota Batam,” ungkapnya.

Acara ini juga diharapkan memperkuat citranya sebagai pusat sport tourism di Indonesia. Dalam kategori kontinental, terdapat 6 tim besar yang berlomba, di antaranya Malaysia Cycling Pro dan dua tim dari Indonesia, Kelapa Gading Bikers dan Nusantara Cycling.

Selain itu, dua tim nasional, yaitu dari Singapura dan Indonesia, turut memeriahkan kompetisi ini. Tak ketinggalan, empat klub sepeda dari Singapura dan Indonesia, juga berlaga dalam event ini. Tak hanya balapan profesional, acara ini juga menggelar Gran Fondo yang diikuti oleh 112 peserta dengan delapan kategori.

Mungkin Anda juga menyukai

DD