๐Š๐š๐๐ข๐ฌ ๐Š๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐Š๐ž๐ฆ๐›๐š๐ง๐ ๐ค๐š๐ง ๐ˆ๐ง๐จ๐ฏ๐š๐ฌ๐ข ๐ƒ๐ข๐ ๐ข๐ญ๐š๐ฅ ๐๐š๐ง ๐๐š๐๐š๐ง ๐‹๐š๐ฒ๐š๐ง๐š๐ง ๐”๐ฆ๐ฎ๐ฆ ๐Œ๐ž๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ๐ข ๐๐ซ๐จ๐ ๐ซ๐š๐ฆ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐๐„๐ƒ๐„๐‹๐€๐”

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆโ€“ Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan, salah satu dari 4 pejabat eselon II Pemko Batam yang turut serta dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Pelatihan kepemimpinan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi manajerial dan sosio-kultural pejabat tinggi pratama, dengan fokus pada standar kompetensi dan akuntabilitas manajerial JPT Pratama.

Rudi Panjaitan, sebagai project leader, telah berhasil menyampaikan konsep inovasi digital dan futuristik dengan memimpin terobosan mendasar pada sistem informasi di Kota Batam.

โ€œKami berkomitmen untuk mendorong integrasi layanan publik dan mewujudkan Batam sebagai kota digital melalui berbagai program inovatif seperti Batam BEDELAU. Program ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memastikan bahwa pelayanan publik semakin mudah diakses oleh masyarakat,โ€katanya.

Program Batam BEDELAU, yang berarti โ€œbersinarโ€ dalam bahasa Melayu, adalah sebuah dashboard utama yang menampilkan lebih dari 140 aplikasi layanan publik yang dioperasikan oleh berbagai perangkat daerah di Batam. Untuk jangka menengah dan panjang, Batam Bedelau akan dikembangkan menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengelola TIK terintegrasi dan berpotensi besar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah.

Dengan pelatihan ini, diharapkan digitalisasi pelayanan publik di Kota Batam dapat semakin berkembang, dan membuat pelayanan semakin โ€œbedelauโ€.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang digelar BPSDM Jawa Timur dilaksanakan selama kurang lebih enam bulan dan akan berakhir pada bulan Oktober 2024 yang akan datang dan diikuti oleh Kadis Kominfo, Kadis CKTR, Kadis Pendidikan dan Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam sebagai penugasan Bapak Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi. (*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD