𝐒𝐞𝐫𝐚𝐡𝐤𝐚𝐧 𝐀𝐧𝐮𝐠𝐞𝐫𝐚𝐡 𝐁𝐈𝐀 𝟐𝟎𝟐𝟒, 𝐖𝐮𝐣𝐮𝐝𝐤𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐨𝐯𝐚𝐬𝐢 𝐔𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐲𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyerahkan Penganugerahan Batam Innovation Award (BIA) Tahun 2024 di Planet Holiday Hotel & Residence, Kamis (8/08/3034).

Juara 1 Kategori Perangkat Daerah Terinovatif diraih Badan Pendapatan Daerah Kota Batam, Kategori UPT Terinovatif diraih UPT Sei Lekop dan Sekolah Terinovatif diraih SMP Negeri 12 Batam. Inovasi non digital terbaik diraih UPT Puskesmas Tiban Baru dengan inovasi Kontrasepsi Terintegrasi Pemeriksaan Sadanis dan IVA (Konser I

“Atas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi mengucapkan selamat kepada pemenang BIA Tahun 2024. Wujudkan inovasi di masing-masing Perangkat Daerah sesuai dengan tupoksi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Penyelenggaraan Batam Innovation Award Tahun 2024 untuk memberikan dorongan kepada Perangkat Daerah agar terpacu mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan inovasi. Dengan harapan dapat meningkatkan daya saing daerah dan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Perlu upaya untuk memacu perangkat daerah menghasilkan inovasi setiap tahunnya. Salah satunya melalui BIA, setiap tahunnya Pemko Batam juga mengikuti Innovation Goverment Award (IGA) yang diselenggarakan oleh Kemendagri RI. Inovasi yang akan diikutsertakan pada IGA adalah hasil seleksi dari Batam Innovation Award ini,” ujarnya.

Atas nama Wali Kota Batam, mengimbau perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah wajib menciptakan atau memperbarui inovasi daerah di lingkungan kerjanya masing-masing. Dengan tujuan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berjalan baik sehingga masyarakat merasa puas.

“Berinovasilah bagaimana Kita bisa melayani kesehatan masyarakat dengan baik. Begitu juga dengan sekolah, bagaimana kita berinovasi agar mutu dan kualitas pendidikan lebih baik,” pesannya.

Bersamaan dengan itu Jefridin juga memyerahkan Rapor Kinerja Perangkat Daerah Kategori Tinggi kepada 18 Perangkat Daerah. Rapor Kinerja Pernagkat Daerah Kategori Tinggi diterima oleh 18 Perangkat Daerah diantaranya, Badan Pendapatan Daerah, Bapelitbang, BKPSDM, Dinas Perikanan Kota Batam, Diskominfo, Disdukcapil, Setdako, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Badan Kesbangpol, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Inspektorat Daerah Kota Batam, Kecamatan Sagulung, Kecamatan Galang, Disperindag, Satpol PP dan Disnaker.

“Selamat kepada Perangkat Daerah yang sudah menerima rapor Kinerja. Tentunya pencapaian ini menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” sebutnya.

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam, Dalina Nopilawati melaporkan pelaksanaan penilaian Batam Innovation Award dilakukan melalui 4 tahapan.

Tahap pendaftaran dan pengisian data diikuti oleh 20 Perangkat Daerah, 2 Kecamatan, 24 UPTD, 5 Kelurahan dan 65 Sekolah.

“Terdapat 5 kategori pada Batam Innovation Award Tahun 2024. Yakni kategori Perangkat Daerah Terinovatif. kategori UPTD Terinovatif, kategori Kelurahan Terinovatif, kategori Inovasi Digital Terbaik dan kategori Inovasi Non Digital Terbaik,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu juga disampaikan Rapor Kinerja Perangkat Daerah Kota Batam Tahun 2023. Katanya ini merupakan terobosan baru yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja Perangkat Daerah dengan beberapa elemen penilaian.

“Elemen penilaian tersebut adalah

kinerja perencanaan dengan bobot nilai 30%, nilai SAKIP Perangkat Daerah dengan Bobot Nilai 30%, realisasi fisik Perangkat Daerah dengan bobot nilai 20%, realisasi anggaran Perangkat Daerah dengan bobot nilai 10% dan Inovasi Perangkat Daerah dengan bobot Nilai 10%,” jelasnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD