𝐌𝐚𝐫𝐥𝐢𝐧 𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧 𝐁𝐮𝐝𝐢𝐝𝐚𝐲𝐚 𝐌𝐚𝐠𝐠𝐨𝐭 𝐁𝐥𝐚𝐜𝐤 𝐒𝐨𝐥𝐝𝐢𝐞𝐫 𝐅𝐥𝐲 (𝐁𝐒𝐅) 𝐝𝐢 𝐒𝐞𝐭𝐨𝐤𝐨𝐤

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Dalam upaya meningkatkan pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Batam, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam menyelenggarakan Pelatihan Pilah Sampah, di Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Jum’at (12/07/2024).

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kota Batam Marlin Agustina, secara resmi membuka pelatihan ini.

Mengusung tema Pengelolaan Sampah Organik melalui Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para peserta dalam memilah dan mengolah sampah dengan budidaya maggot.

Dalam sambutannya Marlin menjelaskan bahwa budidaya maggot dapat menjadi solusi mengurangi pencemaran lingkungan karena mampu menyerap limbah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga, pasar dan rumah makan.

“Tidak perlu memulung sampah dari luar rumah, cukup bapak ibu memilah dari rumah, dikumpulkan sedikit demi sedikit. Nanti sampah plastik bisa kita jual, kemudian sampah organik kita berikan sebagai pakan maggot, ” kata Marlin dalam sambutannya.

Marlin mengatakan pelatihan ini rutin dilakukan untuk memotivasi masyarakat agar mampu mengelolah sampah sendiri mulai dari sampah rumah tangga. Dan tentunya sangat membantu Pemerintah Kota Batam dengan mengurangi penumpukan sampah langsung ke TPA.

“Sampah bisa menjadi uang jika dikelolah dengan benar, ” Tegas Marlin.

Pelatihan Maggot ia diharapkan dapat menjadi solusi alternatif dalam upaya mengurangi sampah rumah tangga di Kota Batam serta meningkatkan peluang bisnis untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Setelah kita mendapat ilmunya, tentu nanti harus diimplementasikan. Saya harap ada komitmen dari Bapak dan Ibu untuk turut serta dalam mengurangi permasalahan sampah di Kota Batam. Bahkan mana tahu nanti Bapak dan Ibu ada yang tertarik menjadi peternak maggot,” Lanjutnya.

Mungkin Anda juga menyukai

DD