𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐃𝐨𝐫𝐨𝐧𝐠 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐊𝐫𝐞𝐚𝐭𝐢𝐟𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐂𝐢𝐩𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧𝐞𝐤𝐚𝐫𝐚𝐠𝐚𝐦𝐚𝐧 𝐏𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan keterampilan masyarakat dalam menciptakan dan menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam menyelenggarakan Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Demo Masak Tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Rabu (10/07/2024). Sehingga masyarakat dapat menciptakan penganekaragaman pangan dari bahan masakan yang akan diolah.

Secara resmi Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Demo Masak Tingkat Kota Batam dibuka Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi.

“Atas nama Ketua TP PKK Kota Batam, Ibu Marlin Agustina Rudi mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam yang sudah menaja kegiatan ini. Kepada seluruh peserta lomba dari Tim Penggerak PKK 12 Kecamatan di Kota Batam, Kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya,” tutur Jefridin didampingi Wakil Ketua II TP PKK Kota Batam, Hariyanti Jefridin.

Adapun bahan utama yang digunakan dalam lomba tersebut adalah gonggong serta sagu. Diharapkan peserta lomba dapat mengolah gonggong sehingga menjadi makanan yang dapat menjadi oleh-oleh khas Batam. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas peserta lomba sehingga dapat mengolah kedua bahan tersebut menjadi makanan yang digemari.

“Kota Batam memiliki potensi pangan pokok lokal yang dapat dikembangkan. Sehingga penganekaragaman konsumsi pangan pokok lokal sangat diperlukan. Karena akan banyak kuliner yang diciptakan dan ini akan berdampak terhadap sektor pariwisata di Kota Batam,” tuturnya.

Untuk itu Ia mengajak agar Masyarakat terus meningkatkan kreatifitas dalam menciptakan beragam menu dari bahan lokal yang ada di sekitar. Pemerintah menurutnya gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan. Upaya ini dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total, melainkan mengubah pola konsumsi pangan masyarakat. Sehingga masyarakat mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangan. Baik bersumber dari karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral.(*)

Mungkin Anda juga menyukai

DD