𝐏𝐞𝐫𝐤𝐮𝐚𝐭 𝐊𝐞𝐭𝐚𝐡𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐏𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫𝐠𝐚, 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐆𝐞𝐥𝐚𝐫 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫𝐝𝐚𝐲𝐚𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐊𝐞𝐥𝐮𝐫𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐒𝐞-𝐊𝐞𝐜𝐚𝐦𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐭𝐮 𝐀𝐣𝐢

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Pemerintah Kota Batam melalui Kecamatan Batuaji menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat guna Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga di Kota Batam, di Pakuba Buana Central Park, Kelurahan Kibing, Kamis (20/6/2024).

Acara ini merupakan hasil dari usulan masyarakat dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 dan menjadi bagian dari upaya untuk memperkuat ketahanan pangan di tingkat keluarga. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang digagas dari bawah (bottom-up) ini.

“Pemberdayaan masyarakat ini penting untuk menciptakan keseimbangan antara pembangunan fisik dan non-fisik, termasuk pembangunan sumber daya manusia. Usulan dari masyarakat dalam Musrenbang tahun lalu telah diwujudkan melalui kegiatan ini, yang diharapkan memberikan manfaat nyata bagi warga setempat,” ujarnya.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Daerah dan bertujuan untuk memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, terutama dalam konteks ketahanan pangan yang dimulai dari keluarga.

“Ketahanan pangan adalah aspek krusial yang harus dimulai dari keluarga. Dengan program ini, kita berharap masyarakat dapat lebih memahami pentingnya ketahanan pangan dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam mengendalikan inflasi,” tambah Jefridin.

Dalam kesempatan tersebut Jefridin juga menyampaikan bahwa Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berhasil mendapatkan penghargaan atas pencapaian Kota Batam yang berhasil meraih peringkat kedua se-Sumatera dalam pengendalian inflasi.

“Meskipun Batam bukan daerah penghasil hasil bumi, ketahanan pangannya sangat baik dan inflasi dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini tidak lepas dari fungsi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang bekerja sama dengan daerah penghasil seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara untuk mendapatkan sayur mayur dengan harga terjangkau,” jelas Jefridin.

Jefridin juga menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai elemen masyarakat, termasuk Asosiasi Distributor Kota Batam, yang berperan signifikan dalam menjaga stabilitas harga pangan.

“Cabai, sebagai salah satu komoditas yang bisa menyumbangkan inflasi di Batam, menjadi fokus utama dalam kegiatan hari ini. Narasumber akan memberikan materi tentang ketahanan pangan dan cara-cara masyarakat dapat membantu mengendalikan inflasi di rumah masing-masing,” tambahnya.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya

ketahanan pangan, sehingga setiap keluarga dapat bertahan dan bersiap menghadapi situasi inflasi.

“Mari kita bersatu dan kompak membangun Batam yang kita cintai,” tutup Jefridin.

Mungkin Anda juga menyukai

DD