𝐁𝐮𝐝𝐚𝐲𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐇𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐒𝐞𝐡𝐚𝐭, 𝐊𝐞𝐜𝐚𝐦𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐋𝐮𝐛𝐮𝐤 𝐁𝐚𝐣𝐚 𝐒𝐨𝐬𝐢𝐚𝐥𝐢𝐬𝐚𝐬𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐀𝐁𝐒

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Sosialisasi Bahaya Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Tingkat Kecamatan Lubuk Baja di Grand Eska Hotel & Suites, Rabu (12/06/2024). Kegiatan ini diikuti oleh 120 orang peserta se Kecamatan Lubuk Baja. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi buang air besar sembarangan. Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi mengetahui bahaya buang air besar sembarangan.

“Atas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi dan Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, mengapresiasi dan berterimakasih kepada camat dan lurah yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Pemerintah Kota Batam tidak hanya membangun kegiatan fisik, tapi juga non fisik. Karena hidup perlu keseimbangan agar hidup bisa sehat,” ujarnya.

Katanya, untuk meningkatkan level Kota Batam sebagai Kota Sehat masih terdapat tantangan yang perlu pembenahan, salah satunya adalah Perilaku Buang Air Besar Sembarangan. Agar masyarakat tidak buang air besar sembarangan diperlukan penyediaan sarana sanitasi. Ini menurutnya harus dimulai dari komunitas terkecil yakni rumah tangga dengan harapan tidak ada lagi perilaku BABS di masyarakat Kota Batam baik di daerah hinterland maupun mainland.

“Masih terdapat 10.639 kepala keluarga di Kota Batam yang tidak memiliki jamban dan masih berperilaku BABS. Dengan begitu masih dibutuhkan 10.639 unit jamban, yang akan digunakan oleh 10.639 kepala keluarga. Pemerintah Kota Batam terus menggandeng pihak-pihak terkait agar memberikan CSR untuk membangun jamban ini,” jelasnya.

Pemerintah Kota Batam menurutnya bukan hanya untuk mencapai predikat Kota Sehat saja, melainkan menerapkan pola hidup sehat karena sehat itu penting. Harapannya melalui sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat akan pentingnya BHBS.

“Terimakasih kepada seluruh peserta yang sudah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Mudah-mudahan setelah acara ini dapat meningkatkan kesadaran Kita akan pentingnya hidup sehat,” tutur mantan lurah Tanjunguma ini.

Camat Lubuk Baja, Adisty menyampaikan kegiatan sosialisasi BABS merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini merupakan yang ke empat kalinya di Kecamatan Lubuk Baja.(*)

Mungkin Anda juga menyukai