𝐌𝐚𝐫𝐥𝐢𝐧 𝐆𝐞𝐧𝐜𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐆𝐞𝐦𝐚𝐫𝐢𝐤𝐚𝐧, 𝐈𝐧𝐠𝐢𝐧 𝐆𝐞𝐧𝐞𝐫𝐚𝐬𝐢 𝐏𝐞𝐧𝐞𝐫𝐮𝐬 𝐓𝐮𝐦𝐛𝐮𝐡 𝐒𝐞𝐡𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐧 𝐂𝐞𝐫𝐝𝐚𝐬

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wakil Gubernur Kepri, sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina, menggencarkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Batam.

“Mari gencarkan gemar makan ikan demi kesehatan dan kecerdasan generasi penerus bangsa,” ujar Marlin, Rabu (12/6/2024).

Untuk menggerakkan program tersebut, sejumlah sosialiasi langsung ke masyarakat juga sudah dilakukan. Bagi Marlin, gemar makan ikan sangat penting karena banyaknya kandungan dalam ikan yang dibutuhkan.

Marlin menjelaskan kegiatan Gemarikan ini dilakukan secara berjenjang baik dari tingkat Kota, provinsi, sampai nasional. Kegiatan Gemarikan juga diharapkan dapat menuntaskan dan mencegah stunting bagi anak-anak di Kota Batam.

“Ikan merupakan makanan yang rendah kalori serta memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi, sehingga ikan menjadi makanan yang sangat baik untuk dikomsumsi setiap hari,” katanya.

Bagi Marlin, di Kepri, ikan segar begitu mudah didapatkan. Ikan dapat menjadi rekomendasi menu harian yang tepat untuk keluarga.

“Beberapa manfaat mengkonsumsi ikan, di antaranya meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Otak salah satu organ yang membutuhkan banyak nutrisi, apalagi anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan, dengan mengkonsumsi ikan setiap hari dapat membantu meningkatkan kecerdasan pada anak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ikan kaya akan sumber asam lemak omega 3, protein dan nutrisi lainnya yang dapat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak agar lebih maksimal,” jelas Marlin.

Selain itu, mengkonsumsi ikan juga dapat mencegah demensia atau sindrom dari penurunan fungsi otak seperti ingatan berkurang atau mudah lupa, menurunnya kemampuan berfikir, menurunnya kecerdasan otak.

“Mengkonsumsi ikan yang kaya akan nutrisi secara teratur dapat membantu mencegah demensia, memperbaiki mood dan mencegah depresi,” ujarnya.

Tak hanya itu, mengkonsumsi ikan juga dapat mengatasi penyakit kanker. Ia melanjutkan, dengan rajin mengkonsumsi ikan segar, dapat membantu menghalangi tumbuhnya sel-sel kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker ovarium, kanker kulit, dan kanker yang menyerang bagian pencernaan, karena kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada ikan salah satunya manfaat ikan salmon chum yang dapat mencegah penyakit kanker.

Tak hanya itu, mengkonsumsi ikan juga dapat menyehatkan jantung. Manfaat Omega 3 untuk kesehatan jantung yang banyak terdapat dalam ikan dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah dalam dinding arteri yang akan menimbulkanserangan jantung, sehingga dengan rutin mengkonsumsi ikan, jantung menjadi lebih sehat.

Kemudian, membantu menyehatkan persendian, menyehatkan mata, membantu kesehatan janin pada ibu hamil, menyehatkan kulit, hingga menurunkan berat badan.

“Minyak ikan dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh, salah satunya manfaat ikan senangin yang dapat membantu berat badan tetap idal, sehingga sangat baik jika dipadukan untuk menu diet,” ujarnya.

Yang terpenting, dengan mengkonsumsi ikan, juga dapat menjaga Imun tubuh. Kandungan protein yang tinggi dalam ikan segar seperti manfaat ikan pari dapat membantu menjaga imun/kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Jadi, dengan mengkonsumsi ikan badan bisa sehat dan cerdas. Mari gemar makan ikan,” tutup Marlin.

Mungkin Anda juga menyukai