𝐏𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧 𝐑𝐚𝐩𝐚𝐭 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐞𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐊𝐞𝐣𝐮𝐫𝐧𝐚𝐬 𝐁𝐚𝐥𝐚𝐩 𝐒𝐞𝐩𝐞𝐝𝐚 𝟐𝟎𝟐𝟒, 𝐑𝐮𝐝𝐢: 𝐇𝐚𝐫𝐮𝐬 𝐃𝐢𝐬𝐢𝐚𝐩𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐒𝐞𝐦𝐩𝐮𝐫𝐧𝐚

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengajak semua pihak menyukseskan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda 2024 di Batam, Kepri. Event ini berlangsung 19-30 Juni 2024.

“Ini menjadi kesempatan Batam demi mempromosikan dan menggeliatkan sport tourism Batam. Mari bersama menyukseskan Kejurnas Balap Sepeda 2024,” ujar Rudi yang juga sebagai Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kepri, Rabu (12/6/2024).

Wali Kota bahkan menegaskan semua pihak untuk menyukseskan agenda yang mendatangkan atlet sepeda perwakilan setiap provinsi se-Indonesia tersebut.

“Kami ingin Batam menjadi tuan rumah yang baik,” tegas Rudi.

Adapun Kejurnas Balap Sepeda ini yakni Road Race yang akan digelar di 20-23 Juni 2024. Untuk Road Bike, nomor yang dilombakan adalah Individual Time Trial (ITT), Team Time Trial (TTT), dan Road Race (IRR). Venuenya adalah Nongsa Loops.

Sementara, Mountain Bike (MTB) digelar 26-30 Juni 2024. Peserta MTB akan melewati rute dengan venue Mangsang Bike Park, Tanjung Piayu Kecamatan Sungai Beduk. Nomor yang diperlombakan adalah Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Relay (XCR), Down Hill (DH dan Enduro (End).

“Termasuk venue, harus disiapkan dengan sempurna,” ujar Wali Kota.

Untuk diketahui, Road race adalah balap sepeda di jalan raya dengan jarak tempuh yang bervariasi. Pembalap akan start dan finish di tempat yang sama, dan mereka akan berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan seluruh putaran lintasan.

Sementara Mountain bike (MTB) merupakan balap sepeda yang dilakukan di medan off-road, seperti hutan, gunung, dan tanjakan. Para pembalap akan berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan lintasan yang penuh dengan rintangan tersebut.

Sementara itu, perwakilan ISSI Pusat, Jadi Rajagukguk, menyampaikan apresiasi terhadap Batam yang dinilai bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi para atlet dengan menyiapkan semua demi menyukseskan Kejurnas Balap Sepeda 2024 tersebut.

“Rencana Ketua Umum ISSI, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menpora, Ketua KONI akan hadir saat pembukaan kejurnas ini,” ujar Jadi.

Menurut Jadi, dalam kejuaraan nasional ini, setiap provinsi mendapat peluang mendali mengingat akan dibagi grub A bagi provinsi dengan atlet berprestasi menengah ke atas dan grub B bagi atlet berprestasi menengah ke bawah.

“Sebagai tuan rumah, semoga Provinsi Kepri bisa mendapatkan mendali. Ini juga sebagai ajang persiapan menuju PON di Aceh-Sumut sekaligus ajang seleksi bagi atlet menuju multi event seperti olimpiade,” katanya.

Ia mengaku, pihaknya sengaja memilih Batam-Kepri sebagai tuan rumah, karena Batam dinilai lebih memadai dari segi akses, termasuk fasilitasnya.

“Bukan hanya tingkat nasional, tapi juga tingkat internasional (bisa digelar di Batam). Semoga Kejurnas ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai