๐”๐ฉ๐š๐œ๐š๐ซ๐š ๐๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ ๐š๐ญ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ข ๐๐š๐ง๐œ๐š๐ฌ๐ข๐ฅ๐š ๐๐š๐ง ๐‹๐ข๐ง๐ ๐ค๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง ๐‡๐ข๐๐ฎ๐ฉ, ๐๐ž๐ซ๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐Š๐ก๐ข๐๐ฆ๐š๐ญ ๐Œ๐ž๐ฌ๐ค๐ข ๐ƒ๐ข๐ ๐ฎ๐ฒ๐ฎ๐ซ ๐‡๐ฎ๐ฃ๐š๐ง

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Batam Tahun 2024 sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Upacara yang berlangsung khidmat ini dipusatkan di Dataran Engku Putri, Kantor Wali Kota Batam, pada Sabtu (1/6/2024).

Meskipun diguyur hujan deras, semangat peserta upacara tetap tinggi. Upacara ini dihadiri oleh Forkopimda, pejabat pemerintah daerah, anggota TNI dan Polri, instansi vertikal, hingga pelajar, menambah semarak peringatan penting ini.

“Hari ini merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, yang menjadi dasar ideologi negara kita, serta meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan hidup, yang merupakan warisan penting bagi generasi mendatang,” ujar Jefridin dalam sambutannya, menyampaikan amanat dari Wali Kota Batam.

Tambahnya, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, mengajarkan tentang pentingnya persatuan, keadilan, dan kemanusiaan. Nilai-nilai ini sangat relevan dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Sebagai warga Batam, ia mengajak untuk l terus mengamalkan sila-sila Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Adapun tema peringatan tahun ini โ€œPenyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilanโ€, mengingatkan sekaligus mengajak masyarakat untuk menyelesaikan akar masalah krisis iklim, yang harus dilakukan dengan inovasi dan dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, serta harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas.

“Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kota Batam untuk lebih peduli dan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Perubahan iklim, polusi, dan kerusakan alam adalah masalah nyata yang membutuhkan perhatian serius dari kita semua. Kita harus mulai dari hal-hal kecil, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, melakukan daur ulang, dan menjaga kebersihan tempat tinggal kita,” lanjut Jefridin.

Jefridin juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam upaya menjaga serta melestarikan lingkungan hidup, khususnya Dinas Lingkungan Hidup yang berperan dalam edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Sejalan dengan nilai Pancasila yang mengajarkan kita tentang gotong royong, keadilan sosial, dan cinta tanah air, kita dapat menerapkan nilai-nilai ini dalam upaya kita melestarikan lingkungan. Dengan bekerja sama, kita dapat mengatasi tantangan lingkungan dan mewujudkan kehidupan yang lebih berkelanjutan. Semangat persatuan dan kepedulian sosial harus kita wujudkan dalam tindakan nyata,” tambahnya.

Ia berharap melalui peringatan Hari Pancasila dan Hari Lingkungan Hidup ini, masyarakat Batam semakin termotivasi untuk berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang berlandaskan Pancasila dan berwawasan lingkungan.

“Terima kasih, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan berkah dan perlindungan-Nya kepada kita semua,” tutup Jefridin.

Mungkin Anda juga menyukai