𝟓𝟔𝟕 𝐒𝐢𝐬𝐰𝐚 𝐁𝐞𝐫𝐬𝐚𝐢𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐎𝟐𝐒𝐍 𝐝𝐚𝐧 𝐅𝐋𝐒𝟐𝐍, 𝐌𝐚𝐫𝐥𝐢𝐧: 𝐀𝐬𝐚𝐡 𝐁𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐀𝐧𝐚𝐤 𝐒𝐞𝐣𝐚𝐤 𝐃𝐢𝐧𝐢

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sebanyak 567 siswa setingkat SD dan SMP mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Batam, Kepri.

Acara itu dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, di One Batam Mall, Rabu (15/5/2024). Pelaksanaan Lomba O2SN dan FLS2N terpencar di beberapa tempat di Kecamatan Batam Kota sesuai jenis dan cabang lomba, dengan waktu pelaksanaan mulai tanggal 15 dan 16 Mei 2024 Kegiatan FLS2N. Sedangkan 18 dan 19 Mei 2024 pelaksanaan O2SN.

“Selamat bertanding, ajang ini sebagai upaya mengasah bakat anak di bidang olahraga dan seni sejak dini,” ujar Marlin.

Marlin berpesan agar peserta mengikuti perlombaan dengan sportif. Ia ingin, siswa terbaik di setiap cabang yang diperlombakan bisa menjadi atlet bagi Batam dan Kepri.

“Kami ingin para juri atau wasit untuk bertindak adil dan harus mencari yang terbaik di antara yang terbaik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto, melaporkan bahwa O2SN terdiri atas 5 cabang olahraga yaitu Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Pencak Silat dan Karate.

“Untuk FLS2N teridiri atas 6 jenis lomba yaitu

Musik Tradisional, Tari Tradisonal, Musik Ensambel, Solo Vokal, Ilustrasi dan Pantonim,” katanya.

Ia melanjutkan, tujuan diselenggarakannya lomba O2SN dan FLS2N SD dan SMP ini antara lain mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga dan seni, membina dan mempersiapkan olahragawan dan seniman berprestasi sejak usia dini.

“Selain itu, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab. Kemudian, memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan Karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik sekolah dasar dan menengah dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

“Selain itu, mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik,” tambahnya.

Kemudian, peserta O2SN dan FLS2N adalah peserta yang telah lolos seleksi tingkat kecamatan yang sementara masih duduk SD kelas IV,V dan SMP kelas VII dan VIII.

“Jumlah peserta lomba ini terdiri dari O2SN sebanyak 337 siswa dan FLS2N sebanyak 230 siswa. Peserta seluruhnya 567 siswa,” tutup Try.

Mungkin Anda juga menyukai