𝐔𝐧𝐣𝐮𝐤 𝐊𝐞𝐛𝐨𝐥𝐞𝐡𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐦𝐚𝐬𝐚𝐤, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐓𝐮𝐫𝐮𝐭 𝐌𝐚𝐬𝐚𝐤 𝐊𝐞𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐓𝐮𝐦𝐩𝐚𝐡

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. unjuk kebolehan memasak diacara Pelatihan Keterampilan Dan Tata Boga Lanjutan di Hotel Daviena, Minggu (3/12/2023). Berbaur bersama dengan peserta, Jefridin memasak menu kerang tumpah.

Menggunakan celemek, Ia dengan piawai memulai proses memasak kerang tumpah. Secara telaten satu persatu bumbu yang sudah disiapkan Ia tumis. Tak terlihat rasa canggung ketika Ia mengacau bumbu yang sedang ditumisnya itu.

“Sejak dulu Saya sudah terbiasa memasak. Apalagi saat kuliah, jauh dari keluarga jadi harus bisa memasak. Setidaknya untuk makan sendiri rasanya tak kalah dengan masakan warung,” katanya sambil terus mengaduk bumbu yang ditumis.

Wangi aroma bumbu yang ditumisnya pun mulai menyeruak, Ia pun menambahkan bumbu penyedap makanan. Layaknya seorang chef Ia pun mengira-ngira bumbu penyedap yang dituangkan untuk menambah cita rasa masakannya.

“Harus keluar dulu aroma bumbu yang Kita tumis baru Kita masukkan bahan makanan yang akan Kita masak. Itu salah satu kunci masakan agar masakan Kita lebih lezat,” katanya memberitahu peserta.

Usai memasukkan bumbu penyedap, Ia melakukan koreksi rasa. Merasa cukup, Ia pun meminta peserta lainnya memasukkan bahan masakan yang terdiri dari kerang dara, sotong, kepiting, udang, jagung dan nenas untuk dimasukkan ke dalam kuali secara bergantian. Sambil terus mengaduk rata seluruh bahan masakan, Ia pun mengatakan bahwa proses masak sudah selesai tinggal memastikan bahan masakan betul-betul matang sempurna.

“Setelah dicicipi rasanya enak. Semua bumbunya sudah terasa pas,” ujarnya didampingi Ketua DWP Kota Batam, Hariyanti, Jefridin, M.Pd.

Setelah matang, dibantu peserta satu timnya kerang tumpah pun dipindahkan ke atas daun pisang yang sudah ditata di atas meja. Secara bergantian undangan yang hadir mencicipi kerang tumpah yang dimasak Jefridin dan tim. Dari penilaian yang diberikan, semua yang mencicipi mengatakan kerang tumpah yang dimasak olehnya lezat.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai